Kerumunan BTS Meal

McDonald’s Diperkirakan Raup Jutaan Dollar lewat BTS Meal

  • Whatsapp
BTS Meal

SURABAYA–KEMPALAN: McDonald’s Indonesia mengumumkan telah menghadirkan menu baru yaitu BTS Meal hari ini, Rabu (9/6). Tak ayal hampir seluruh kota di Indonesia, terutama di kota besar, gerai McD diserbu oleh para penggemar boyband asal Korea Selatan itu.

Kerjasama McDonald’s dengan BTS sudah diumumkan pada 19 April lalu dan secara resmi diluncurkan di Indonesia pada 9 Juni 2021. McDonalds menjual menu spesial BTS yang meliputi 10 potong chicken McNuggets, kentang goring ukuran sedang, dan minuman Cola ukuran sedang. Menu ini dilengkapi dengan dua saus yang terinspirasi dari restoran di Korea Selatan, yaitu sweet chilli sauce dan cajun sauce.

Dilansir dari forbes.com, kolaborasi ini diperkirakan bakal membawa keuntungan besar bagi kedua belah pihak. Hal ini merujuk pada kolaborasi serupa yang pernah dilakukan oleh McDonald’s yaitu dengan Travis Scott dan J Balvin. McDonald’s meluncurkan Travis Scott Meal berupa menu burger dan French fries dengan minuman cola ukuran sedang dengan saus barbekyu yang sangat populer. Kerjasama ini membuat rapper berusia 28 tahun itu diganjar USD5 juta untuk endorsement, dan USD15 juta untuk penjualan merchandise. Sedangkan kerjasama dengan Balvin ditunda terkait isu kekurangan pasokan bahan.

Kerjasama dengan BTS diperkirakan akan membuat McDonald’s meraup untung jutaan dollar yang lebih banyak. BTS memiliki penggemar di seluruh dunia sekitar 34,5 juta member, termasuk follower di Twitter. Bandingkan dengan penggemar Scott dan Balvin yang bila digabungkan hanya 20,1 juta saja. Saat ini BTS adalah grup dengan bayaran termahal di dunia, dan berada di posisi 47 dalam daftar Forbes 2020 Celebrity 100. Sedangkan Travis Scott ada di posisi 84.

Boyband beranggotakan tujuh member itu merupakan pundi uang Hybe Coorporation, manajemen yang menaungi BTS. Dimana 87 persen pendapatan di paruh pertama tahun 2020 berasal dari BTS. Anggota BTS juga diketahui memiliki saham di perusahaan musik.

Namun Forbes tidak memperoleh konfirmasi dari BTS maupun McDonald’s terkait profit dalam kolaborasi ini. Strategi penjualan dengan menggandeng selebriti dunia sudah dilakukan gerai ini selama bertahun-tahun. Namun, di masa pandemi strategi ini juga mampu membalikkan penurunan pendapatan sebesar 4 persen dan 24 persen dalam dua kuartal berturut-turut. Khusus menu Travis Scott dan J. Balvin, penjualan naik sekitar 1 persen. (Nani Mashita)

Berita Terkait