Apresiasi Atlet dan Insan Olahraga, KONI Jatim Award  Kedua Kembali Digelar 

waktu baca 2 menit
Ketua KONI Jatim M Nabil

SURABAYA-KEMPALAN : Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur  menggelar KONI Jatim Award 2023. Awarding acara ini akan digelar di  HARRIS Hotel & Conventions Gubeng, Surabaya, Kamis (18/1).

KONI Jatim Award adalah penghargaan tahunan yang diberikan untuk insane olahraga dan patriot-patriot olahraga di Jawa Timur yang menorehkan prestasi tingkat nasional hingga internasional. Dan tahun 2023 ini memasuki tahun kedua penyelenggaraan setelah sebelumnya digelar pada 2022 lalu.

Dalam kegiatan ini, akan ada pemberian penghargaan kepada atlet putra terbaik, atlet putri terbaik, pelatih terbaik, tim/beregu terbaik, atlet muda potensial.

Kemudian penghargaan juga diberikan kepada stakeholder terkait. Seperti KONI daerah terbaik, pemerintah peduli olahraga, pengurus provinsi cabang olahraga dan Tokoh Peduli Olahraga.

“Ini bentuk pengakuan kita terhadap sumbangsih, prestasi siapapun insan olahraga di Jawa Timur yang memberi kontribusi melalui dunia olahraga. Ada atlet, pembina, kepala daerah dan orang yang mau mengayomi kita beri apresiasi, kita beri legacy agar daerah lain, atlet lain punya semangat yang meningkat untuk meng-upgrade diri lebih baik,” ungkap Ketua KONI Jatim, Muhammad Nabil, Rabu (17/1).

Melalui ajang KONI Jatim Award ini, kata Nabil, sekaligus menjadi bukti perlu adanya keseriusan tidak hanya dari pegiat olahraga saja tapi juga pemerintah.  Sebab, ada tuntutan baru selain meningkatkan prestasi yakni pengembangan sport industry dan sport tourism yang membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Semua kegiatan olahraga tidak hanya berhenti pada prestasi saja. Itu kontribusi olahraga membangun daerah. Kita banyak saksikan negara terkenal karena prestasi olahraga,” jelasnya. Menurut Nabil selain dari KONI Jatim, pemilihan, pemilahan dan penilaian yang masuk dalam nominasi peraih KONI Jatim Award ini juga melibatkan unsur wartawan dan media yang selama ini berhimpun bersama Bidang Media dan Humas KONI Jatim. 

“Selain kami punya data-data tentang prestasi, teman-teman wartawan khususnya yang selama ini melakukan liputan olahraga pasti juga memiliki data tentang prestasi para atlet. Karena itu kami juga melibatkan mereka dalam penilaian sehingga nantinya hasil dari KONI Jatim Award ini terjaga objektivitasnya,” tegas Nabil.

Nabil menambahkan yang menjadi dasar penilaian untuk atlet dan pelatih terbaik 2023 ini adalah prestasi di ajang multievents seperti  SEA Games 2023, Asian Games 2023, dan prestasi di single events, seperti kejurnas, kejuaraan internasional, bahkan kejuaraan dunia sepanjang tahun 2023 ini.

“Selain itu dari ajang Porprov VIII 2023 lalu juga akan kami pilah dan pilih atlet yang layak menjadi rising star atau atlet masa depan,” pungkas Nabil.(Ambari Taufiq/Mochammad Fasichullisan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *