Menu

Mode Gelap

kempalanalisis · 18 Apr 2022 05:17 WIB ·

Membaca Anies Melalui Gemerlap JIS


					Jakarta internasional Stadium atau JIS yang kini sudah segera rampung. (FOTO: Instagram @duta_erl) Perbesar

Jakarta internasional Stadium atau JIS yang kini sudah segera rampung. (FOTO: Instagram @duta_erl)

OLEH: Isa Ansori (Kolumnis)

KEMPALAN: Beberapa hari ini saya mendapatkan video kiriman tentang gemerlap JIS, apalagi saat ini sedang berlangsung pertandingan internasional antara Barcelona U-18 dan Atletico Madrid U-18.

Dibeberapa kesempatan Anies terlihat sumringah menyambut perhelatan pertandingan internasional ini yang juga melibatkan Bali United dan Indonesia All Star. Persija dipastikan club pertama yang menjajal stadion ini.

Setidaknya hari- hari ini sampai dengan tanggal 19 April 2022, menjelang babak final, wajah JIS akan benar-benar tampak gemerlap, dihiasai sorot lampu warna-warni dan indah, setiap orang akan tahu meski memandang dari kejauhan, bahwa tempat yang gemerlap itu adalah JIS.

BACA JUGA: Darah Juang Bangkit Melawan, Indonesia Baru Tanpa Luhut

JIS seolah menjadi penanda bahwa di situlah keberadaan Anies. Tidak bisa melepaskan keberadaan JIS dengan sosok Anies. Karena ditangan gubernur Anies lah, JIS bisa berdiri. JIS adalah karya besar Anies.

JIS adalah monumen dari serangkaian karya- karya yang dihasilkan selama Anies memimpin Jakarta.

Bisa dikatakan bahwa JIS adalah karya Anies dari Jakarta untuk Indonesia. Mengapa? Karena JIS tentu tidak hanya menjadi kebanggaan orang jakarta, tapi juga menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

Melalui JIS, Jakarta kini bisa menjadi sorotan dunia, JIS menjadi stadiun terbaik se asia, JIS juga menorehkan penghargaan sebagai stadion yang ramah lingkungan dengan penilaian Greenship level platinum untuk desain dan pembangunannya.

BACA JUGA: Asyiknya… Anies Permudah Warganya yang Mau Mudik

Penghargaan diberikan oleh lembaga sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI), anggota World Green Building Council (WGBC) yang berpusat di Toronto, Kanada.

Penilaian itu disandarkan enam parameter, yaitu Appropriate Site Development (ASD) yang memperoleh 12 poin, Energy Efficiency and Conservation (EEC) 24 poin, Water Conservation (WAC) 18 poin, Material Resources and Cycle (MRC) 2 poin, Indoor Health and Comfort (IHC) 4 poin, dan Building Environment Management (BEM) 3 poin.

“Berdasarkan hasil assessment sertifikasi atau Greenship level platinum pada Design Recognition secara keseluruhan aspek penilaian JIS memperoleh skor 91,” kata International & Government Relations Director of Green Building.

JIS juga merupakan ruang publik pertama di Indonesia yang menggusung konsep green building. Stadion berstandar FIFA itu diharapkan memicu kawasan publik lainnya di Indonesia untuk menerapkan hal serupa.

Rasanya mengurai keberadaan JIS tidak akan pernah ada habisnya, karena memang Anies seorang pemimpin yang tidak akan pernah kering ide dalam membangun dan menyejahterakan rakyatnya.

Anies memang keren, Kita butuh pemimpin yang keren untuk membawa Indonesia keluar dari krisis yang ada.

Di tangan Anies lah diharapkan Indonesia akan menjadi bangsa yang keren yang disegani dunia. Semoga! (*)

Artikel ini telah dibaca 109 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Surabaya Milik Kita, Ayo Kita Bantu Walikota

18 Mei 2022 - 21:54 WIB

Peci Terdakwa Disoal Jaksa Agung, sebagai Trik Kuno

18 Mei 2022 - 12:05 WIB

Arus Dukungan untuk Anies Cermin Kebangkitan Indonesia

18 Mei 2022 - 11:54 WIB

Anies Semakin Melejit

17 Mei 2022 - 08:41 WIB

Anies dan Titik Nol Indonesia

16 Mei 2022 - 14:11 WIB

Anies Hanya Kalah Kalau Gak Nyapres?

16 Mei 2022 - 12:35 WIB

Trending di kempalanalisis