Perupa Arif Wong Siap Berpameran Tunggal

waktu baca 2 menit
Arif Wong melukis model di arena PSLI 2022

SURABAYA-KEMPALAN: Perupa Arif Wong siap menggelar pameran tunggal untuk memamerkan karya-karyanya.

“Saya siap berpameran tunggal di pertengahan Desember mendatang, puluhan lukisan sudah saya siapkan meski yang dipamerkan hanya belasan lukisan sesuai kondisi ruang Merah Putih Balai Pemuda Surabaya,” jelas Arif Wong yang juga bergabung di Komunitas Perupa Delta (Komperta).

“Selain lukisan juga ada karya instalasi yang saya pamerkan,” imbuh Arif Wong sembari melukis model di PSLI Jatim Ekspo 2022.

BACA JUGA: Penyair Baca Puisi di Surabaya dan Bojonegoro

Nama perupa Arif Wong memang jarang terdengar beberapa tahun belakangan, meski termasuk perupa angkatan 90-an.

Arif Wong tidak hanya piawai mewujudkan kreasi seni lukis melainkan juga terampil mencipta karya Instalasi. “Saya menyukai seni lukis juga seni instalasi,” ujarnya.

Pria berbadan tambun ini tidak pernah jenuh berkarya kendati harus berbagi kesibukan dengan bengkel mobil yang dikelolanya.

Beberapa tahun terakhir Arif Wong yang alumni jurusan seni rupa perguruan tinggi swasta ternama di Surabaya menularkan ilmunya mengajar privat seni lukis.

BACA JUGA: Warumas Road Show dan Diskusi Antologi Puisi di Bojonegoro

“Saya setiap Minggu memberikan les privat kepada beberapa anak yang memiliki bakat melukis,” ungkapnya.

Ia menambahkan memberikan pendidikan pada anak harus memiliki strategi khusus agar tidak menjenuhkan.

Berbicara proses kreatif Arif Wong mengakui, baik seni lukis maupun seni instalasi, selain memerlukan referensi dan gagasan ide juga konsentrasi dan ketenangan. “Untuk seni lukis biasanya berkarya malam hari dan seni instalasi kadang secara spontan,” terang Arif Wong.

Ia sekarang banyak mengembangkan corak ekpresionisme. “Sebenarnya saya juga menggarap corak abstrak,” tandasnya singkat.

BACA JUGA: Pernah Patah Hati, Fiki Juarai Lomba Cipta Puisi Warumas-PMI Hongkong

Menyinggung aktifitasnya di bidang pameran Arif Wong mengungkapkan bahwa di samping mengadakan pameran bersama juga tunggal. “Pameran tunggal memang impian seorang pelukis,” tandasnya.

Ia menambahkan pihaknya kini bergabung dengan Komperta (Komunitas Perupa Delta). “Ya biar banyak teman dan meramaikan khazanah seni rupa di Sidoarjo,” pungkas Arif Wong yang istrinya juga perupa. (kris maryono/warumas)

Editor: DAD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *