Benarkah Kita Sudah Merdeka, Lalu Kenapa Penindasan Dimana-mana?

waktu baca 6 menit
Warga Pakel sedang berkumpul di posko perlawanan. (Foto: Alfaizi)

KEMPALAN: Kemerdekaan merupakan suatu hak bagi seluruh individu, bangsa, dan negara. Republik Indonesia sudah memasuki usia yang cukup senja, ya usianya sudah tujuh puluh tujuh tahun. lalu apakah benar kita sudah merdeka.

Sejak 17 agustus 1945, Indonesia telah mendeklarasikan sebagai Negara yang merdeka. Kemerdekaan ini telah diakui secara de jure dan de facto oleh negara tetangga bahkan dunia. 77 tahun Indonesia merdeka bukanlah waktu yang singkat. Setiap perayaan kemerdekaan, masyarakat selalu menitipkan harap yang besar untuk Indonesia. bahkan dalam setiap pemilihan kepala Negara harapan masyarakat untuk Indonesia yang lebih baik amatlah sangat besar.

Kita perlu kembali mendefinisikan makna kemerdekaan. Definisi ini menjadi penting, karena definisi dari suatu subyek atau obyek berkembang berdasarkan konteks dan masanya. Kemerdekaan perlu mendapatkan definisi yang sesuai dengan konteks masanya.

BACA JUGA: Tujuh Puluh Tujuh Tahun Merdeka, Pendidikan Indonesia Masih Terjajah

Salah satu Founding Father (Bapak Bangsa) Ir. Soekarno berpendapat, kemerdekaan berarti bebas selama-lamanya. Kebebasan ini merangkumi kebebasan untuk berpikir, bertindak dari pada politik, penindasan rejim autokritik.

Mahatma Gandhi mengatakan bahwa kemerdekaan perlu merangkumi politik, ekonomi, dan moral. Setiap negara berhak mengurus negaranya sendiri, walaupun sukar supaya setiap komuniti hidup dalam harmoni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *