Menu

Mode Gelap

kempalanews · 23 Apr 2022 07:41 WIB ·

Cak Hud akan Kawal Pembagian Set Top Box Gratis dari Pemerintah


					Kadis Kominfo Jatim Hudiyono (Cak Hud) akan kawal proses pembagian STB gratis Perbesar

Kadis Kominfo Jatim Hudiyono (Cak Hud) akan kawal proses pembagian STB gratis

SURABAYA-KEMPALAN: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Hudiyono memastikan akan mengawal proses pembagian Set Top Box (STB) gratis untuk masyarakat kurang mampu di Jawa Timur. Pembagian alat konversi siaran tv analog ke siaran digital tersebut merupakan program dari Kementerian Kominfo menjelang Analog Switch Off (ASO) migrasi siaran TV analog ke digital.

“Alat STB ini menjadi kompensasi yang disiapkan oleh Kementerian Kominfo sebelum ASO diberlakukan. Di Jatim akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama 30 April 2022 di sembilan kabupaten, kedua 25 Agustus 2022 di 10 kabupaten/kota, dan ketiga di 19 kabupaten/kota,” jelasnya, Jumat (22/4).

Adapun sembilan kabupaten di tahap pertama ASO adalah Sampang, Pamekasan, Sumenep, Pacitan, Banyuwangi, Situbondo, Jember, Lumajang, dan Bondowoso. Tahap kedua, yakni Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Kota Pasuruan, Mojokerto, Kota Mojokerto, Jombang, Lamongan, Gresik dan Bangkalan.

Sedangakan tahap ketiga, yakni Malang, Kota Malang, Kota Batu, Probolinggo, Kota Probolinggo, Kediri, Kota Kediri, Tulungagung, Blitar, Kota Blitar, Nganjuk, Bojonegoro, Tuban, Madiun, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, dan Ngawi.

BACA JUGA: Hore…Warga 9 Kabupaten di Jawa Timur akan Dapat Bantuan Set Top Box TV Digital Gratis

Ia menjelaskan, proses pembagian STB gratis oleh Kementerian Kominfo disalurkan melalui PT Pos Indonesia. Untuk penerima bantuan STB adalah warga kurang mampu atau rumah tangga miskin yang masuk dalam daftar DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos.

Persyaratannya, penerima bantuan STB gratis wajib memiliki televisi analog, berada pada cakupan wilayah layanan siaran TV digital terestrial, bersedia menerima bantuan, dan satu rumah tangga kurang mampu hanya menerima satu STB.

Ia menambahkan, bantuan STB gratis juga dibagikan oleh lembaga penyiaran televisi. “Kemarin saya ke TVRI Jawa Timur. Infonya, TVRI juga berencana akan membagikan STB gratis, namun masih dalam tahap proses persetujuan di pusat. Selain itu dari Trans Corp juga sudah membagikan STB gratis, seperti di wilayah Jember yang masuk ASO tahap pertama. Semua penerimanya adalah warga kurang mampu,” ungkapnya.

Ia berharap, tidak terjadi resistensi di kalangan masyarakat atas program ASO migrasi TV analog ke digital. “TV digital ini hal yang baru untuk masyarakat. Namun, kami berharap tidak sampai terjadi resistensi. Proses pemasangan STB juga mudah. Yang pasti gambar dan suara tv digital akan lebih bagus dan jernih,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Cak Hud ini juga mengimbau warga yang paham cara memasang STB bisa membantu tetangganya yang kurang paham. Selain itu, warga mampu tapi belum punya Smart TV yang bisa menangkap tayangan digital diimbaunya untuk bisa beli STB secara mandiri.

Hudiyono juga mengaku akan terus menyosialisasikan ASO ke seluruh Jawa Timur melalui media mainstream dan media sosial. Termasuk koordinasi dengan Balmon Kemenkominfo di Surabaya, KPID Jawa Timur dan stasiun televisi yang mengudara di wilayah Jawa Timur. (*)

Editor: DAD

Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Halal Bihalal Warga Kampung, Ketua DPRD Surabaya Angkat Keguyuban dan Gotong Royong

18 Mei 2022 - 22:04 WIB

Anies Jalin Kesepakatan Pembangunan Perkotaan Berkelanjutan dengan Berlin

18 Mei 2022 - 19:06 WIB

PPDB SMPN Surabaya Dimulai, Simak Tahapan dan Cara Pendaftarannya!

18 Mei 2022 - 18:53 WIB

Macron Desak Israel untuk Investigasi terkait Pembunuhan Shireen Abu Akleh

18 Mei 2022 - 12:28 WIB

Shireen Abu Akleh-Tempo

Peci Terdakwa Disoal Jaksa Agung, sebagai Trik Kuno

18 Mei 2022 - 12:05 WIB

Mahkamah Pidana Internasional Kirim Tim untuk Investigasi Tindakan Rusia di Ukraina

18 Mei 2022 - 11:34 WIB

Ilustrasi Mahkamah Pidana Internasional-TImesofIsrael
Trending di kempalanews