Menu

Mode Gelap

kempalanalisis · 5 Des 2021 11:24 WIB ·

Pikiran Positif Anies, dan Kekhawatiran Dahlan Iskan Tuai Kebenaran


					Jakarta International Stadium. Perbesar

Jakarta International Stadium.

KEMPALAN: Pupus sudah rencana 3 klub raksasa Spanyol U-18: Barcelona, Real Madrid dan Ataletico Madrid, yang akan bereksibisi dengan Indonesia All Star. Rencana sudah disusun rapi, tapi secara mendadak dibatalkan. Izin tidak keluar. Lagi-lagi pandemi Covid-19 jadi alasan.

Kalau sudah begitu mau apa lagi, padahal eksibisi, bagian dari soft opening Jakarta International Stadium (JIS). Stadion baru yang dari A-Z dibangun dengan standar FIFA, yang bisa jadi kebanggaan tidak saja warga DKI Jakarta tapi Indonesia.

Gede Widade, Chairman Pancoran Soccer Field, pihak penyelenggara memberitakan, “Kami baru menerima pembatalan ini secara mendadak mendekati tanggal penyelenggaraan.”

Jangan diperbandingkan mengapa World Super Bike (WSB) Mandalika, Lombok-NTB, 19-21 November, bisa dapat izin penyelenggaraannya. Padahal hanya berjarak sekitar sebulan dari perhelatan di JIS itu. Apa karena saat itu virus menakutkan bisa dicermati sedang cuti, yang berbagi tugas agar WSB bisa berlangsung sukses. Pastilah tidak demikian, tapi lebih pada pandemi yang cenderung melandai.

Karena itu, Daihatsu Indonesia Masters (16-21 November), SimInvest Indonesia Open (23-28 November) dan lanjut HSBC BWF World Tour Finals 2021 (1-5 Desember). Semua pertandingan bulu tangkis itu bisa dihelat di Bali, pun berjalan lancar. Memang sih tidak dihadiri penonton. Tidak persis tahu, apa juga ditawarkan perhelatan di Jakarta boleh terlaksana jika tanpa dihadiri penonton, setidaknya itu bisa jadi opsi jalan tengah.

Banyak yang mempredeksi sejak jauh hari, bahwa izin penyelenggaraan tidak akan diberikan. Dan pastilah Pandemi Covid-19 akan jadi pihak yang disalahkan. Disebutkan adanya potensi Covid-19 varian baru, meski tanda-tanda itu belum juga tampak. Itu bisa tampak dimana RS-RS rujukan dan Wisma Atlet Jakarta yang sudah hampir tidak berpenghuni. Atau setidaknya hanya jumlah kecil saja tambahan pasien dengan gejala Covid-19 di sana.

Tampak DKI Jakarta sepertinya dipaksa untuk tetap dalam bahaya Covid-19, dan karenanya event eksibisi itu harus dibatalkan. Padahal perhelatan itu akan jadi kebanggaan, bukan hanya warga Jakarta, tapi juga seluruh negeri akan larut dalam kegembiraan menyaksikan tampilan tim klub dunia.

Saat membatalkan apakah berpikir bagaimana dengan panitia yang punya komitmen dengan 3 klub yang diundang itu. Bagaimana dengan biaya dan akomodasi yang sudah dibayarkan, jika itu sudah dibayarkan, dan seterusnya. Membatalkan itu hal mudah, apalagi jika tidak biasa berpikir tentang kesulitan pihak penyelenggara.

Prediksi Dahlan Iskan…

Artikel ini telah dibaca 2,354 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Jangan Sampai AS Juara Piala Dunia

28 November 2022 - 11:49 WIB

Jokowi Melawan Megawati

28 November 2022 - 05:00 WIB

Endorse Jokowi Pada Si Rambut Putih, Etiskah?

27 November 2022 - 13:49 WIB

Jokowi Antara Ucapan dan Perbuatan, “Isuk Dele, Sore Tempe”

27 November 2022 - 04:31 WIB

Pasal Selingkuh di RKUHP Bikin Galau

26 November 2022 - 14:05 WIB

Berharap Jokowi Menjadi Negarawan!

26 November 2022 - 11:34 WIB

Trending di kempalanalisis