Menu

Mode Gelap

Kempalankuliner · 9 Apr 2021 06:41 WIB ·

Depot Nasi Campur Tambak Bayan: Mencicipi Menu Suroboyoan di Ibu Kota


					Depot Nasi Campur Tambak Bayan: Mencicipi Menu Suroboyoan di Ibu Kota Perbesar

KEMPALAN: Pecinta makanan ala suroboyoan yang berada di Ibu Kota punya satu destinasi menarik untuk kulineran. Di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Barat, ada Depot Nasi Campur Tambak Bayan. Berbagai menu khas Surabaya yang lezat dan orisinal bisa dinikmati di sini. Terutama suun semur ala Tambak Bayan yang legendaris itu.

Nasi hangat mengepul, disiram kuah pedas dan gurih ditemani berbagai lauk yang menggoda: empal gepuk, suun semur, telur pindang, ayam goreng. Porsinya pun pas mengenyangkan. Tidak ketinggalan, kuah pedas manis dan sambal korek. Inilah nasi campur tambak bayan yang terkenal itu. Duh…benar-benar menggiurkan!

Di Surabaya, Depot Nasi Campur Tambak Bayan ini legendaris. Sudah berdiri lebih dari 60 tahun dan menjadi salah satu tempat makan favorit para foodie lovers di Kota Pahlawan itu. Terletak di Jalan Pasar Besar Wetan Surabaya dan sudah mempunyai beberapa cabang yaitu di daerah Klampis, Waru, terminal bandara Juanda,  dan sebagainya.

Sedangkan di Jakarta, Depot Tambak Bayan memiliki 2 cabang. Selain di Pantai Indah Kapuk (PIK), cabang lainnya juga ada di Kelapa Gading Jakarta Utara. Cabang di PIK terletak di pertokoan Bukit Golf Mediterania, pusat kuliner paling ramai di kawasan itu yang juga sering disebut “chinatown” nya Jakarta. Rukonya tampak menyempil di antara resto-resto menu internasional yang memang marak di pusat kuliner di utara Jakarta itu.

Aneka menu khas Depot Tambak Bayan maupun menu tradisional sampai makanan ringan Surabaya bisa didapati di sana. Tentu saja, yang jadi andalan adalah menu nasi campur yang lauknya bisa kita pilih sendiri. Harganya antara Rp24 ribu sampai Rp57 ribu. Satu porsi nasi campur ini sudah sangat mengenyangkan dan memuaskan selera. Ada juga nasi empal rawon, telur asin, empal gepuk, nasi pecel, bakwan, nasi kuning, dan soto daging.

Ciri khasnya adalah suun semur yang berwana hitam dengan rasa manis dan gurih.  Empal gepuknya juga disukai karena lembut dengan aroma rempah yang khas. Penyajiannya pun ala tradisional karena menu-menu itu dihidangkan dalam piring rotan beralaskan daun pisang.

Selain itu, ada juga beberapa minuman khas Surabaya. Yakni es sinom yang rasanya asam segar, es blewah, es cendol, es kiamboy, dan lainnya. Berbagai jajanan jadoel dan oleh-oleh Jawa Timur bahkan bisa kita dapatkan di sini. Bakpia malang, terasi dn kerupuk udang sidoarjo, almond crispy, kue sagu, kue semprong, dan masih banyak lagi. Arek Suroboyo harus mampir deh ke sini! (*)

 

 

Artikel ini telah dibaca 124 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Ini Kopi Kupi: Minuman Kopi Kulit Pisang Bebas Kafein

4 Desember 2021 - 05:16 WIB

Nyummy… Ini Varian Rasa Baru dari Campina

8 November 2021 - 21:58 WIB

Dinobatkan Mi Instan Terenak di Dunia, Yuk Bikin Donat Indomie yang Viral di Australia

19 Oktober 2021 - 15:39 WIB

“Sendok” jadi Simbol Perlawanan Palestina

20 September 2021 - 21:56 WIB

Kota Bandung Masuk 10 Kota Kuliner Terbaik di Dunia, Ini Sajian Mie Kocoknya

20 September 2021 - 20:09 WIB

Promosikan Makanan Pada Dunia, Thailand Lancarkan “Thai Taste Therapy”

16 September 2021 - 21:00 WIB

Trending di Kempalankuliner