Jelang Ramadhan, Khofifah Ingatkan Masyarakat Tidak Panic Buying

waktu baca 2 menit
Gubernur Jatim periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA-KEMPALAN: Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan. Khofifah juga mengimbau masyarakat untuk tidak tergoda melakukan panic buying seperti yang sering dilakukan setiap menjelang bulan Ramadhan.

Sebab, ditegaskannya bahwa jika ada  panic buying yang dilakukan masyarakat justru akan berdampak negatif pada ketersediaan bahan pokok di pasaran.

Gubernur Jatim periode 2019-2024 ini meyakini bahwa Pemerintah Provinsi Jatim bersama Forkopimda akan melakukan monitoring dan  memastikan bahwa stok bahan pangan di Jatim aman. Sehingga tidak perlu ada kekhawatiran masyarakat yang memicu panic buying di pasaran.

“Saya yakin Pemerintah Provinsi Jatim juga telah tegas mengatakan bahwa stok bahan pangan di Jatim aman jelang bulan Ramadhan hingga Idul Fitri. Bahkan stok untuk beras kondisinya aman hingga enam bulan. Sehingga masyarakat tidak perlu untuk panic buying, belanja persiapan Ramadhan secukupnya dan jangan berlebihan,” tegas Khofifah, Rabu (6/3).

Wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini menegaskan bahwa adanya panic buying memicu gejolak di sistem pasar yang menganut sistem supply and demand. Ketika permintaan meningkat pesat akan berpengaruh pada supply. Dan jika supply berkurang maka harga akan naik. Sehingga penting menjaga untuk kondisi supply and demand tetap terkendali dan terjaga.

Terutama untuk komoditas beras. Sebagai informasi, per bulan lalu, Bulog yang memiliki 40 gudang dan 13 cabang di Divisi Regional Jatim memiliki stok beras hampir mencapai 135 ribu ton. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Jatim hingga enam bulan ke depan.

“Selain itu pemerintah di sejumlah titik juga aktif menggelar operasi pasar yang itemnya bukan hanya beras tapi juga ada minyak goreng, gula hingga telur ayam. Sehingga tidak ada yang perlu menjadi kekhawatiran dalam hal pemenuhan kebutuhan bahan pokok di bulan Ramadhan bahkan sampai lebaran nanti,” tegas Khofifah.

Lebih lanjut ia pun membagikan tips untuk mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan. Yang pertama adalah fisik yang fit. Di mana tubuh yang sehat adalah syarat utama untuk bisa melaksanakan ibadah bulan suci Ramadhan dengan lancar.

“Persiapan menyambut Ramadhan yang terpenting adalah penyiapan fisik dan psikologis.  Pastikan kondisi badan bugar dan sehat. Karena bulan Ramadhan  membutuhkan fisik yang prima, mulai dari puasa, hingga tarawih membutuhkan badan yang sehat,” tandas Khofifah. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *