Mas Tanto dan Quote & Quote

waktu baca 2 menit

KEMPALAN: Saya mengenal Mas Tanto sejak sekitar 40 tahun lalu. Konkritnya mula-mula saya kenal nama beliau dari teman ke teman dan dari membaca nama Mas Tanto yang sering disebut di sejumlah media cetak. Atau sesekali ketemu di markas seniman kompleks Balai Pemuda, sekilas bertatap-muka dilanjut saling: “Hai, Mas…”.

Meski masih relatif muda, nama sosok ini cukup terkenal (setidaknya) di Surabaya dan Gresik (kota asal beliau). Saat itu Mas Tanto aktif di dunia kesenian dan kepemudaan. 

Tentu saja, pada waktu itu beliau belum menyandang Profesor Doktor yang ahli hukum. Seingat saya di sekitar tahun tersebut Mas Tanto alumnus Akademi Bahasa Asing yang kampusnya (sore hari) di SMA Negeri 6. Pernah menjadi ketua senat mahasiswa akademi tersebut. 

Saya dan sobat Toto Sonata pada akhirnya diakrabkan oleh Mas Mudjiono PS (almarhum) yang penulis kesenian sekitar 35 tahun lalu, diajak ke rumah Mas Tanto di kawasan Semolowaru Elok, Surabaya. 

Belakangan, lebih kurang 10 tahun terakhir, kediaman sosok yang bersahabat dengan penyair dan dramawan Rendra ini, sering digunakan untuk banyak kegiatan kesenian serta kebudayaan. 

Meski dalam kondisi –maaf– ringkih, beliau tak kenal lelah — terus menghidupkan “Rumah Dedikasi Soetanto Soepiady” dengan kegiatan-kegiatan di ranah tersebut. 

Selama sekitar 3 minggu ini, Mas Tanto menulis Quote & Quote. Temanya: hukum; demokrasi; etika; kebudayaan; keadilan sosial.

Artikel-artikelnya di kolom itu ditulis dalam kemasan relatif pendek, bernas — lebih kurang 4-5 alinea. 

Setiap jelang subuh saya dikirimi Quote & Quote itu. Mungkin banyak sahabat beliau  juga dikirimi. Hari ini, judulnya “Kesejahteraan Rakyat”.

Saya kutip bagian dari artikel tersebut:

Jangan sampai ada demokrasi, tapi tak ada kesejahteraan. Atau ada kesejahteraan, tapi tak ada demokrasi.

Yang pas adalah: ada demokrasi, ada kesejahteraan. Itulah yang harus terus diperjuangkan bersama-sama secara konstitusional.

Amang Mawardi, penulis sejumlah buku

BACA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *