Terpilih Menerima Anugerah Revolusi Mental, Inilah Sosok Edy Antoro

waktu baca 9 menit
Kolase kempalan.com

KEMPALAN: Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) memilih owner Kusuma Agrowisata Batu Edy Antoro untuk menerima Anugerah Revolusi Mental 2022 kategori Penggerak Ekonomi Kerakyatan.

Inilah sosok Edy Antoro

Edy Antoro (AE) adalah anak nomor 2 dari 8 bersaudara pasangan Dono Dwiyono dengan Nisye Aspiati. Lahir di Rumah Sakit Tionghoa Dokter Iwan pada hari Selasa Pahing, 27 Mei 1958 sekitar pukul 23.00.

Dalam buku “Republik Agro Perjalanan Hidup Edy Antoro” yang ditulis Anwar Hudijono (2014) disebutkan bahwa di dalam darah EA mengalir genetika perpaduan Jawa, Arab dan Banjar. Dono Dwiyono yang akrab dipanggil Don adalah asli Jawa.

Sedang darah Arab berasal jalur ibunya. Kakek buyutnya, Syekh Ali yang berdarah Arab menikah dengan Ny Sareh yang berdarah Banjar. Pernikahan mereka melahirkan Ny Rodiah yang kemudian menikah dengan Amirun Joyosuwito. Dari pernikahan ini lahirlah Ny Nisye.

BACA JUGA: Owner Kusuma Agrowisata, Edy Antoro Terima Anugerah Revolusi Mental

Selama setahun sejak kelahiran EA tinggal di Surabaya. Setelah itu dia diboyong ke rumah dinas Kebun Kalisanen, Kecamatan Tempur Rejo, Kabupaten Jember. Ayahnya bekerja di kebun yang berada di bawah bendera PNP XVI kemudian menjadi PTP XII. Pada saat itu bekerja di perkebunan sangat keren. Gajinya bisa lima kali lipat dibanding guru.

EA memulai sekolah langsung di SD Santa Maria Fatima Jember tanpa mengawali dengan TK, meski ibunya mendirikan TK di Kalisanen. Di SD itu ia dikenal rajin, rapi dan disiplin. Prestasi akademisnya tidak menonjol. Yang menonjol adalah kepribadiannya yang suka membuat orang lain senang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *