Klasemen Akhir Grup A: Belanda Juara, Senegal Runner-up

waktu baca 2 menit
Kalidou Koulibaly melepaskan tembak ke gawang Ekuador (*)

QATAR-KEMPALAN: Belanda dan Senegal menjadi dua wakil dari Grup A yang dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Kedua memastikan lolos ke 16 besar usai sama-sama berhasil meraih kemenangan di laga ketiga Grup A yang berlangsung di hari Selasa (29/11) malam WIB.

Belanda dipastikan lolos sebagai juara Grup A usai sukses meraih kemenangan 2-0 saat menghadapi tim tuan rumah Qatar di Stadion Al Bayt.

Gol pertama The Oranje dicetak oleh winger PSV, Cody Math├Ęs Gakpo di menit ke-26. Gakpo mencatatkan namanya di papan skor usai sukses meneruskan umpan pendek Klaassen dengan tembakan terukur ke gawang Meshaal Barsham. Ini adalah gol ketiga pemain berusia 23 tahun itu di Piala Dunia 2022.

Sementara gol kedua Belanda dicetak oleh Gelandang Barcelona Frankie De Jong di menit ke-49. De Jong mencetak gol usai sukses menyambar bola rebound hasil tembakan Depay yang ditepis oleh Barsham.

Sementara itu, Senegal dipastikan lolos menemani Belanda sebagai runner-up Grup A usai sukses menekuk Ekuador dengan skor tipis 2-1.

Senegal unggul terlebih dahulu lewat gol penalti Ismail Sarr di menit ke-42. Lions of Teranga mendapat tendangan penalti usai Piero Hincapie melanggar Ismaila Sarr di kotak terlarang.

Ismail Sarr, yang kemudian maju sebagai eksekutor, berhasil membawa Senegal unggul 1-0 usai sukses mengecoh kiper Ekuador Hernan Galindez.

Ekuador kemudian menyamakan kedudukan di menit ke-68. Menerima bola dari umpan sepak pojok yang dilepaskan Gonzalo, Plata Moises Caicedo, yang tanpa pengawalan dan tidak offside, melepaskan tebakan yang sukses menjebol gawang Mendy.

Namun, hanya berselang tiga menit. Senegal sudah mampu kembali unggul. Berawal dari umpan Gueye. Enner Valencia yang bermaksud menyapu bola, malah memberi umpan ke Kalidou Koulibaly. Bek Chelsea itu kemudian dengan tenang melepaskan tendangan voli yang bersarang di sudut kanan gawang Galindez.

Dengan hasil ini, Belanda dipastikan akan menghadapi Runner-up Grup B Amerika Serikat di babak 16 besar, sementara Senegal akan berjumpa Juara Grup B Inggris di babak 16 besar.

Klasemen Akhir Grup A Piala Dunia 2022

  1. Belanda: 7 Point / +4 Selisih Gol
  2. Senegal: 6 Point / +1 Selisih Gol
  3. Ekuador: 4 Point / +1 Selisih Gol
  4. Qatar: 0 Point / -6 Selisih Gol

(*) Edwin Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *