Menu

Mode Gelap

Kempalanda · 21 Jun 2022 10:11 WIB ·

Band The ‘Playsets’ dalam Narasi Jenderal ‘Three In One’


					Chappy Hakim (dua dari kanan) memainkan saxophone bersama bandnya. Perbesar

Chappy Hakim (dua dari kanan) memainkan saxophone bersama bandnya.

KEMPALAN: DI era Orde Baru, ungkapan “Jenderal pemikir” sangat populer. Maksudnya, jenderal yang mengutamakan pendekatan intelektual tinimbang pendekatan komando dan bedil ( militeristik). Jendral pemikir, waktu itu, cukup berfungsi sebagai “oase” atau “penerang jalan” di tengah otoritarianisme rezim Orde Baru.

Salah satu tokoh militer yang dikenal sebagai jenderal pemikir adalah Marsekal TNI (Purn.) Chappy Hakim (lahir 17 Desember 1947). Ia pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) periode 2002–2005 di masa pemerintahan Presiden Megawati dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Chappy militer, tetapi juga seniman dan budayawan (penulis produktif). Bakat “kewartawanannya” titisan Abdul Hakim, ayahnya, wartawan Antara, pejuang peristis kemerdekaan Indonesia. Maka julukan buat Chappy Hakim mungkin lebih tepat ” Jenderal Three In One“.

BACA JUGA: Melongok Jambore Kedirgantaraan Susi Air di Pangandaran

Pikiran-pikirannya, hampir dalam semua aspek mengalir lewat ratusan artikel dan pelbagai buku. Terutama yang berkaitan dengan dunia dirgantara sesuai kepakarannya.

Musik Suka Hati

Saya turut menyaksikan pertunjukan musik Chappy Hakim Sabtu (18/6) malam dalam acara “farewell party” Susi Air Jambore Aviation 2022 di Pangandaran, Jawa Barat. Chappy tampil sebagai vokalis Band Playsets. Lihatlah aksi panggung Pria 74 tahun, dan kakek lima cucu itu tampil memukau tamu undangan. Ia membawakan lagu-lagu kenangan yang dalam penyajiannya lirik lagu itu sudah “dikampak-kampak”. The Playsets, dibentuk 7 tahun lalu, digawangi pemain musik Indonesia yang telah berperan dalam pengembangan musik pop di Tanah Air. Kelompok musik itu selama ini manggung (ngamen, istilah Chappy Hakim) di QiLounge Hotel Sultan Jakarta. Group itu sengaja memakai nama Playsets (berasal dari kata plesetan) karena memang hobinya tidak konsisten membawakan lagu-lagu, yaitu ” mengkampak ” lagu -lagu populer menjadi satu. Medley menurut istilah dalam dunia musik.

” Playsets memang suka hati saja, namanya juga hiburan,” ujar Chappy Hakim yang juga dikenal sebagai Ketua Pusat Studi Air Power Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Keliling Dunia di Madiun

29 Juni 2022 - 10:05 WIB

Takabur

27 Juni 2022 - 09:19 WIB

Hadiri Sedekah Laut di Kalianak Morokrembangan, Wakil Sekretaris PDIP Surabaya: Dukung Pelestarian Budaya

26 Juni 2022 - 10:18 WIB

In Memoriam Rima Melati: Artis dengan Pergaulan dari Presiden hingga Pelayan Resto

24 Juni 2022 - 10:48 WIB

Refleksi dan Doa Haul Bung Karno, PAC PDI Perjuangan Asemrowo Berkomitmen Warisi Api Perjuangan

21 Juni 2022 - 20:27 WIB

Blusukan di Tempel Sukorejo, Wakil Sekretaris DPC PDIP Achmad Hidayat Temui Rumah Tak Layak Huni

21 Juni 2022 - 10:04 WIB

Trending di Kempalanda