Menu

Mode Gelap

kempalansport · 20 Mei 2022 22:47 WIB ·

Raih Emas, Eko Yuli Meneruskan Tradisi Medali


					Lifter Jatim Eko Yuli Irawan yang memamerkan medali emas di SEA Games 2021 Vietnam, Jumat (20/5). (Foto: NOC Indonesia/MP Media/Evan Andraws) Perbesar

Lifter Jatim Eko Yuli Irawan yang memamerkan medali emas di SEA Games 2021 Vietnam, Jumat (20/5). (Foto: NOC Indonesia/MP Media/Evan Andraws)

HA NOI-KEMPALAN: Lifter Jatim Eko Yuli Irawan sukses meraih medali emas SEA Games 2021 cabang olahraga (cabor) angkat besi kelas 61 kilogram putra. Dia menjadikan momen ini untuk membuktikan bahwa dirinya masih mampu memberikan prestasi, meski sudah berusia 32 tahun.

Eko mencatatkan total angkatan 290 kilogram (135 kg dan clean & jerk 155 kilogram) di Hanoi Sports Training and Competition Center, Jumat (20/5). Jumlah angkatan Eko tersebut tak mampu diungguli lifter dari negara lainnya.

Medali perak diraih lifter wakil dari Malaysia, Muhamad Aznil Bidin (287 kilogram) dan perunggu menjadi milik lifter andalan tuan rumah Vietnam Nguyen Ngoc Trung dengan total angkatan 286 kilogram.

BACA JUGA: Eko Yuli Atlet Putra Terbaik Peraih Golden Award IV Siwo PWI 2021

Eko sebenarnya mempunyai peluang meningkatkan jumlah angkatannya. Namun, ia memilih tak mengambil kesempatan ketiga di angkatan clean & jerk karena sudah tak terkejar. Ini menjadi medali emas keenam Eko Yuli sepanjang berpartisipasi di ajang SEA Games.

Eko sudah berpartisipasi sejak 2007 di Nakhon Ratchasima, Thailand. Hal ini juga membuktikan bahwa Eko sebagai lifter senior masih mampu konsisten membuktikan prestasi. Terlebih, ia juga menunjukkan diri selalu lolos kualifikasi Olimpiade, sejak 2008 Beijing hingga Olimpiade 2020 Tokyo.

Setiap penampilannya di pesta olahraga empat tahunan paling bergensi dunia dan menjadikannya satu-satunya atlet yang selalu pulang membawa medali dari Olimpiade.”Kadang minder sendiri karena paling tua. Bagi kami, angkat besi itu mau tua atau muda yang terpenting adalah siapa yang kuat dia yang menang,” kata Eko.

BACA JUGA: Besok, Eko Yuli Janjikan Medali Emas di Olimpiade Tokyo

“Jadi selagi aku masih nomor satu kenapa tidak? Kalau yang mudanya ingin tampil di sini harus kalahkan aku dulu. Kalau aku bisa kalah berarti kan tahu kualitas mereka seperti apa. Kita mendidiknya seperti itu,” sambung Eko.

Menariknya, Eko mengaku persiapannya menuju SEA Games 2021 ini tak begitu maksimal. Hal ini menjadi alasan total angkatannya lebih rendah dari rekor terbaik. “Memang ini persiapan paling mepet. Namun, aku di sini mencari medali emas. Kalau memang memungkinkan baru melampaui (rekor),” kata Eko.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengapresiasi torehan prestasi Eko Yuli. Keping emas yang dipersembahkan Eko merupakan medali emasn pertama dari cabor angkat besi di SEA Games.

“Kami berharap medali emas yang diberikan Eko Yuli memotivasi lifter kita lainnya, masih ada Rahmat Erwin Abdullah, Rizky Amel Sabira, dan lain-lain yang akan bertanding berikutnya,” harap Menpora. (NOC Indonesia, Yunita Mega Pratiwi)

Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Di Mulai Besok, Berikut Jadwal Lengkap Timnas di Piala AFF U-19

1 Juli 2022 - 13:00 WIB

Porprov Jatim 2022 Cabor Bridge: 11 Daerah Sudah Meraih Medali

1 Juli 2022 - 12:07 WIB

Bojonegoro Bikin Kejutan di Cabor Atletik Porprov VII 2022

1 Juli 2022 - 11:17 WIB

Raih 12 Emas, Tim Panahan Surabaya Juara Umum Porprov Jatim 2022

1 Juli 2022 - 11:11 WIB

Sebelum ke Mandalika Track Walk, Yuk Patuhi SOP-nya

1 Juli 2022 - 10:11 WIB

Mandalika Track Walk Dimulai Hari Ini, Catat Jadwal dan Harga Tiket Masuknya

1 Juli 2022 - 09:50 WIB

Trending di kempalansport