Menu

Mode Gelap

Kempalpagi · 13 Apr 2022 17:32 WIB ·

The Front Runner


					Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie (Foto: YouTube) Perbesar

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie (Foto: YouTube)

KEMPALAN: PEMILU Amerika Serikat 1988 menyisakan kisah dramatis mengenai seorang politisi cemerlang yang jalannya sudah sangat lempang menuju kursi kepresidenan di Gedung Putih, tapi kemudian terpeleset pada detiik-detik krusial. Politisi itu, Gary Hart, mengundurkan diri dari pencalonan presiden karena skandal perselingkuhannya dibongkar ke publik pada 1987.

Pemilih di Amerika masih ingat bagaimana foto seorang model bernama Donna Rice yang tersenyum di pangkuan Gary Hart, politisi Demokrat yang menjadi unggulan presiden, beredar luas di media. Hart dan Rice ketahuan sedang berlibur di sebuah resort dan menikmati pantai di atas kapal persiar ‘’Monkey Business’’.

Foto itu menjadi momen kehancuran karier yang cemerlang dalam sejarah politik Amerika. Foto itu menyebabkan Hart mundur dari persaingan tiket kepresidenan Partai Demokrat dan menghancurkan karier politiknya yang cemerlang.

Hart mengundurkan diri begitu saja. Partai Demokrat kehilangan jago, dan akhirnya menyerah kepada calon dari Partai Republik,  George Herbert Bush, yang menjadi wakil presiden Ronald Reagan. Masa kepemimpinan Reagan yang kalang kabut membuat publik Amerika muak terhadap Partai Republik.

BACA JUGA: Voltaire

Gary Hart dari Partai Demokrat menjadi alternatif yang sangat menjanjikan. Pintar dan tampan dengan kemampuan komunikasi politik yang memukau. Bandingkan dengan tampang George Bush yang terkesan katrok—karena berasal dari Texas—meskipun terkenal kaya raya sebagai juragan minyak.

Kejatuhan Hart tidak pernah dikonfirmasi dengan tuntas. Hart tidak pernah memberi penjelasan resmi mengenai pengunduran dirinya. Hart juga tidak menjelaskan hubungan pribadinya dengan Rice, dan bagaimana dia bisa melakukan tindakan bodoh itu.

Hal itu menjadi salah satu misteri politik terbesar dalam sejarah Amerika. Sutradara Jason Reitman kemudian membuat film ‘’The Front Runner’’ dengan bintang Hugh Jackman sebagai Gary Hart. Jackman memerankan dengan baik perjalanan politik Gary Hart sejak menjadi senator mewakili Colorado, lalu karirnya menanjak bak meteor, tapi kemudian jatuh bak meteor juga hingga hancur berkeping-keping.

BACA JUGA: Demo Mbah Nun

Fakta  ini mengilhami lahirnya buku “The Front Runner” oleh  wartawan Matt Bai. Drama kehidupan Hart menandai momen penting dalam politik dan budaya Amerika, yang bisa melejit karena media dan hancur karena media juga.

Hart jauh unggul dalam jajak pendapat untuk menjadi calon presiden Partai Demokrat pada pemilu 1988, menghadapi calon dari Partai Republik George Bush yang putus asa. Tapi rumor perselingkuhan di luar perkawinan muncul.

Rumor tersebut mendorong wartawan harian Miami Herald,Tom Fiedler, untuk melakukan investigasi terhadap kehidupan pribadi Hart dan hubungannya dengan Rice. Berbulan-bulan Fiedler mengintai rumah Rice di  Washington dan mengumpulkan bukti sekeping demi sekeping sampai ditemukannya foto itu.

Artikel ini telah dibaca 155 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

KKN Horor

18 Mei 2022 - 16:22 WIB

Kaus Oblong

18 Mei 2022 - 08:00 WIB

UAS

17 Mei 2022 - 17:27 WIB

Upacara Baijiu

17 Mei 2022 - 08:00 WIB

Jokowi, Biden, dan Elon

16 Mei 2022 - 16:11 WIB

一百二十

16 Mei 2022 - 08:00 WIB

Trending di Kempalpagi