Menu

Mode Gelap

kempalanalisis · 10 Apr 2022 09:27 WIB ·

Dari Yogya Menuju Indonesia


					Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat berceramah di Masjid Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta/Net Perbesar

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat berceramah di Masjid Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta/Net

OLEH: Isa Ansori (Kolumnis)

KEMPALAN: Suatu saat terjadi bahwa pemerintah penjajah Belanda tetap tidak mengakui kemerdekaan Indonesia, maka dalam rangka mengembalikan kedaulatan itu, angkatan perang RI melaksanakan serangan umum 1 Maret 1949.

Sehingga serangan Umum ini adalah salah satu upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia setelah Belanda melancarkan aksi militernya. Selain itu, latar belakang Serangan Umum 1 Maret 1949 adalah klaim Belanda bahwa pemerintah RI dan TNI tidak ada lagi serta resolusi DK PBB yang ditolak Belanda.

Yogyakarta lagi-lagi menjadi saksi sebuah peristiwa, ketika kemerdekaan Indonesia dikotori oleh nafsu serakah penjajah yang memecah belah demi ambisi kekuasaan belaka, para pejuang Indonesia mampu merebutnya kembali.

Tidak terlalu salah kalau peristiwa kedatangan Anies di masjid kampus UGM yang dielu-elukan oleh masyarakat dan diteriaki presiden merupakan sebuah pengulangan sejarah.

Suasana perasaan berbangsa yang terpecah belah antar warga masyarakat, akibat perilaku kekuasaan serakah yang ingin terus menjarah. Penguasa tak ubahnya seperti penjajah, seharusnya merawat persatuan dan kesatuan justru memecah belah.

Kesejahteraan yang menjadi tugasnya, kinipun dikhianatinya. Rakyat dibikin susah dan sengsara. Kebutuhan pokok dibuat tidak ada, kalau ada maka harganyapun tak terjangkau, rakyat yang mengantarkan mereka pada tampuk kekuasaan, tega mereka khianati dan jarah.

Penguasa tak punya rasa malu dan etika, betapa tidak ketika rakyat meminta harga-harga diturunkan, tapi dijawab dengan kerakusan perpanjangan masa jabatan presiden dan upaya melakukan pemunduran pemilu.

Perilaku penguasa yang tak berempati pada kesulitan rakyat semakin menjadi-jadi. Dengan segala cara istana mempermainkan perasaan rakyat dengan perilaku-perilaku moral yang tak layak.

Di tengah suasana kebangsaan yang terpecah belah inilah, Tuhan menganugerahkan Anies sebagai sosok yang bisa diharapkan untuk mengembalikan kemerdekaan Indonesia.

Anies dengan segala komitmen dan ketegasan tentang Indonesia didapuk datang ke Yogja, ternyata sambutannya luar biasa.

Artikel ini telah dibaca 125 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Anies Semakin Melejit

17 Mei 2022 - 08:41 WIB

Anies dan Titik Nol Indonesia

16 Mei 2022 - 14:11 WIB

Anies Hanya Kalah Kalau Gak Nyapres?

16 Mei 2022 - 12:35 WIB

Seperti Bung Karno, Anies Menjadikan Indonesia Disegani Bangsa Lain

15 Mei 2022 - 13:09 WIB

HUT ke 792, Menjadikan Surabaya Semakin Melayani

15 Mei 2022 - 06:45 WIB

Penculik Bogor Kok Disorot Puan Maharani?

14 Mei 2022 - 19:08 WIB

Trending di kempalanalisis