Menu

Mode Gelap

Kempalanart · 13 Des 2021 09:39 WIB ·

Pernah Nonton Narcos? Kenali Kisah Nyata Para Kartel Asal Kolombia & Mexico


					Felix Gallardo dari Narcos: Mexico (kanan) bersama Pablo Escobar dari Narcos. Perbesar

Felix Gallardo dari Narcos: Mexico (kanan) bersama Pablo Escobar dari Narcos.

KEMPALAN: Film Narcos maupun Narcos: Mexico terinspirasi dari kisah nyata atas tokoh-tokoh penyelundup maupun produsen narkoba di Kolombia dan Mexico. Diawali dengan keberadaan seorang penyelundup sohor, Narcos membawa penontonnya masuk ke dunia gelap di negara-negara Amerika Latin itu. Mari berkenalan dengan kisah nyata dari Narcos maupun Narcos: Mexico.

Narcos

Serial Narcos berfokus pada kehidupan salah satu mafia narkoba terbesar dan terkuat di dunia, Don Pablo. Season 1 dan Season 2 membahas tentang aktivitasnya di dunia gelap sampai kejatuhannya, sementara Season 3 berfokus pada kartel saingannya, The Gentlemen of Cali.

1. Kartel Medellin

Ketika menyorot Pablo Emilio Escobar Gaviria atau kerap disebut Pablo Escobar, pasti tidak lepas dari Kartel Medellin, sebuah organisasi atau gabungan para penyelundup dan mafia di Kota Medellin yang menurut Insight Crime, dibangun Pablo bersama Ochoa bersaudara pada tahun 1970-an.

Selain Ochoa dan Pablo, ada juga Carlos Lehder Rivas yang ikut menjalankan kartel ini. Melansir The Guardian, Carlos adalah orang yang bertanggung jawab atas pengiriman 80% pengiriman kokain dari Medellin ke Amerika Serikat yang menggunakan sebuah pulau di Bahama sebagai markasnya.

Dari kanan ke kiri: Pablo Escobar, Griselda Blanco, Gonzalo Rodriguez Gacha, dan Carlos Lehder.

Selain itu, kartel ini juga diisi oleh aktor kriminal ternama lainnya, Jose Gonzalo Rodriguez Gacha, yang menurut Mens Gear, memiliki ketertarikan pada budaya Mexico, maka dari itu mendapati julukan El Mexicano (Si Orang Meksiko).

Ada beberapa kelompok yang terkait dengan Kartel Medellin ialah Muerte a Secuestradores (MAS), Asociación Campesina de Ganaderos y Agricultores del Magdalena Medio (ACDEGAM), Oficina de Envigado, dan Los Extraditables.

2. Kartel Cali

Usai Medellin terkenal dengan Pablo Escobarnya, di Kolombia juga ada Kartel Cali, yang diisi oleh orang-orang dengan sebutan “The Gentlemen of Cali”. Melansir Newsweek, Cartel ini dibentul oleh Orejuela bersaudara (Gilberto dan Miguel) bersama Jose Santacruz Londono (Chepe Santacruz) pada dekade 70-an.

Pimpinan keempat dari Kartel Cali adalah Helmer “Pacho” Herrera yang mengendalikan operasi kartel tersebut di New York. Sama dengan yang ada di film Narcos, William Rempel, seorang wartawan investigasi, menulis dalam situsnya bahwa Pacho memang gay dan suka bermain bola.

3. Kartel Norte del Valle

Salah satu tokoh dari kartel ini yang masuk dalam most wanted list FBI adalah Diego Leon Montoya Sanchez yang juga merupakan salah satu pemimpin North Valley bersama saudaranya, Henao Montoya yang ditangkap pada tahun 2004. Ada juga Wilber Varela yang melarikan diri ke Venezuela dan tewas di Merida pada tahun 2008.

Menurut situs Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengenai Euginio Montoya-Sanchez (salah seorang kepala Norte del Valle), kartel ini bertanggung jawab atas 60-80% pengiriman kokain ke Amerika Serikat pada tahun 1998. Euginio sendiri adalah orang yang mengelola kekayaan dari keluarganya dan pelaku pencucian uang dari bisnis yang dipegangnya.

Narcos: Mexico…

Artikel ini telah dibaca 2,643 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Puisi-Puisi Minggu Ini, dari buku “Mengabdi Tiada Henti”

27 November 2022 - 20:59 WIB

Launching Buku Mengabdi Tiada Henti

27 November 2022 - 20:50 WIB

Puisi Minggu Ini

27 November 2022 - 11:25 WIB

Ngaji Literasi Puisi di Rumah Budaya Malik Ibrahim

27 November 2022 - 10:21 WIB

Sigit Widyanto, Purna Guru Ingin Terus Melukis

26 November 2022 - 17:52 WIB

Perupa Arif Wong Siap Berpameran Tunggal

26 November 2022 - 12:21 WIB

Trending di Kempalanart