Menu

Mode Gelap

kempalanda · 23 Nov 2021 13:24 WIB ·

Anjuran Menikah


					Pernikahan Muslim. (RiskiTriono07-Pixabay) Perbesar

Pernikahan Muslim. (RiskiTriono07-Pixabay)

Bu Nyai Dr. Hj. Mihmidaty Ya’cub

KEMPALAN : “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS Surat Ar-Rum : 21)

Setiap pasangan kekasih sudah pasti memimpikan perjalan cintanya bisa sampai ke jenjang pernikahan. Pasalnya pernikahan merupakan momen sakral yang umumnya terjadi sekali seumur hidup. Membangun sebuah pernikahan bernilai ibadah di mata Allah SWT. Sebab pernikahan mampu memuliakan seseorang dan mencegahnya dari perbuatan zina. Allah tahu, manusia itu memiliki nafsu dan Allah menghendaki menciptakan manusia dari manusia dengan perantaraan cinta.

Anjuran menikah dan aturannya ini terdapat dalam Al-Qur’an Surat An-Nur dari ayat 32 sampai ayat 34. Dalam firman-Nya di Surat An-Nur : 32 yang artinya, “Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberikan kemampuan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), MahaMengetahui.”

Banyak yang menunda pernikahannya dengan berbagai alasan atau bahkan tidak mau menikah disebabkan merasa tidak atau belum mampu secara finansial, takut tidak mampu memberikan nafkah. Hal ini bertolak belakang dengan pesan Rasulullah SAW. Sabda beliau, “Barangsiapa yang takut menikah karena takut miskin, maka bukan ummatku.” (HR Dailami & Abu Dawud). Allah akan memberikan kecukupan bagi mereka yang menikah. Allah telah berjanji akan memberikan kekayaan bagi mereka yang menikah dari Karunia-Nya. Karunia adalah pemberian Allah yang berlebih. Dan Allah tidak pernah menyalahi janjinya. Selain itu orang yang menikah adalah termasuk kelompok manusia yang pasti di tolong oleh Allah, sebagaimana Hadist Nabi SAW yang mengatakan; “Ada tiga kelompok manusia yang pasti di tolong Allah: (1) Mujahid di jalan Allah; (2) Pemuda yang menikah untuk menjaga kehormatan diri; dan (3) Budak yang berusaha memerdekakan diri (agar lebih leluasa beribadah).” HR. Akhmad.

Bagaimana jika belum ketemu Jodoh ? Pacaran ? pacaran bukan jaminan menjadi jodoh, pacaran jaminannya adalah dosa. Dalam Islam tidak ada istilah pacaran sehingga perbuatan itu dipandang sebagai perzinaan terselubung. Oleh karena itu berulangkali Allah dan Rosulnya mengingatkan agar mereka yang belum mampu menikah agar tetap selalu menjaga kesucian dan kehormatannya, bagi para wanita supaya mereka itu tenang di rumahnya jangan bersolek seperti bersoleknya orang jahiliyah. Allah juga telah memberikan kemuliaan bagi Bani Adam agar tidak berlaku menghalalkan segala cara, karena hakikatnya manusia berbeda dengan binatang. Oleh karena itu Allah memberikan syari’at yang namanya nikah.

Allah menurunkan Kitab…

Artikel ini telah dibaca 105 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Tentang Suara

4 Desember 2021 - 12:24 WIB

Teladan Bagi Wanita Muslimah

30 November 2021 - 13:00 WIB

In Memoriam: Bens Leo, Wartawan Berpembawaan Tenang dengan Wajah Selalu Berhias Senyum

30 November 2021 - 11:18 WIB

Pada Sekerat Daging Ada Kezaliman yang Tak Termaafkan

29 November 2021 - 12:21 WIB

Keakraban yang Hilang

26 November 2021 - 09:26 WIB

Guru

25 November 2021 - 14:26 WIB

Trending di kempalanda