Menu

Mode Gelap

kempalanalisis · 13 Nov 2021 08:44 WIB ·

Sepatu Bu Menlu


					Retno Marsudi memakai sepatu selennya. Perbesar

Retno Marsudi memakai sepatu selennya.

KEMPALAN: Tampaknya Rochi Putiray, yang memulai tampil beda dibanding dari lainnya. Style nya memang tidak biasa, tapi itu jadi keseharian di dalam atau luar lapangan.

Rochi Putiray, jika tidak mengenalnya, ia adalah pemain sepak bola era ’90 an asal Maluku. Ia penyerang berprestasi, yang mengawali debutnya lewat Arseto Solo, dan sempat melanglang ke klub Hongkong segala.

Rochi Putiray tampilannya memang rada nyeleneh. Ia selalu memakai sepatu dengan warna berbeda di kaki kanan dan kirinya, atau biasa disebut selen. Tampilan begitu tentu tidak seperti orang “normal” kebanyakan.

Jika sepatu di kaki yang satu misal warna putih, maka di kaki satunya pakai warna hitam atau warna lainnya. Artinya, untuk satu model sepatu yang dipakainya, ia setidaknya harus membeli dua pasang sepatu dengan warna yang berbeda.

Perusahaan sepatu belum berpikir melirik memproduksi sepatu dengan warna yang berbeda antara kanan dan kiri. Pertimbangannya, jika tidak diproduksi, itu karena tidak banyak manusia eksentrik seperti Rochi Putiray itu. Atau produsen sepatu berpikir, biar saja kaum eksentrik yang tidak banyak itu merogoh uang lebih dalam, membeli sekaligus dua pasang sepatu dengan warna berbeda.

Kemarin, kita dikejutkan oleh Bu Menlu Retno Marsudi, yang saat menjemput Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri, bersama beberapa Menteri lainnya, di Istana Bogor, itu tampil beda. Ia memakai sepatu di kaki kanan dan kirinya dengan warna berbeda. Tentu ia tidak mencontoh Rochi Putiray, yang bisa jadi tidak dikenalnya.

Bu Menlu mungkin mau tampil beda, mencoba mengendurkan protokol yang biasa terkesan kaku. Meski dengan tampilan tak pantas. Dan, itu yang jadi pembicaraan. Bahkan ada yang menyebut itu dengan “nyeleneh”, setidaknya itu komentar yang muncul di grup pertemanan WhatsApp.

Mantan striker timnas Indonesia. Lihat sepasang sepatunya.

Banyak pula komen yang lebih tidak mengenakan, tak perlulah disampaikan di sini, untuk menandai pilihan mode yang tidak biasa dipilihnya. Ternyata Bu Menlu sudah acap memakai sepatu dengan warna sisihan . Itu bukan pertama kalinya. Bahkan saat bersama Presiden Jokowi dalam suatu kesempatan ia pun memakai sepatu dengan warna berbeda.

Bu Menlu memang nyentrik, dan tentu tampilannya berhasil menyita perhatian publik. Tidak ada yang salah dengan penampilannya itu, tapi tentu semua mesti disesuaikan pada hal apa itu bisa dilakukannya. Menyambut tamu negara dengan tampilan demikian, tampaknya kurang elok meski itu tidak masuk dalam aturan protokol negara. Itu seperti tidak patut saja dengan jabatannya selaku Menlu.

Bu Menlu Retno Marsudi, yang mungil ukuran tubuhnya dan dengan potongan rambut super pendek, tapi tentu lincah dalam berdiplomasi, memang ingin hadir dengan tampilan modis dan sampai pada tingkat nyeleneh memakai sepasang sepatu dengan warna berbeda.

Ternyata mode sepatu nyeleneh itu juga dipakai beberapa artis Indonesia, Luna Maya dan Nia Ramadhani– menantu Abu Rizal Bakrie, tentu tidak jelas siapa yang memulai atau siapa yang menginspirasi Bu Menlu itu, atau justru Bu Menlu yang menginspirasi para artis itu untuk sama-sama memilih model tidak biasa.

Pertanyaan muncul di benak, kira-kira Bu Menlu berani nyeleneh begitu gak jika presidennya masih Pak SBY, yang memang selalu hadir segalanya mesti dibuat serba teratur. Tentu itu pertanyaan mustahil yang bisa terjawab dengan jawaban tepat.

Tapi tampilan Bu Menlu dengan sepatu nyeleneh itu bisa ditarik untuk melihat marwah kepemimpinan nasional. Wah itu kejauhan, kok sampai demikian melihatnya. Setidaknya sedikit banyak bisa melihat marwah Presiden Joko Widodo yang memang lentur, terkesan dengan wibawa seadanya, meminjam kata lain jika tidak ingin disebut kehilangan “greget” atas para menteri sebagai pembantunya. Apa iya sampai demikian? Wallahu a’lam. (*)

Editor: Reza Maulana Hikam

Artikel ini telah dibaca 218 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

AFF 2020, dan Kelompok Pelangi yang Mewarnai

8 Desember 2021 - 15:13 WIB

Semeru Mbledos Risma Ngowos

8 Desember 2021 - 05:59 WIB

Jenderal Dudung, dan Tausiah Tak Bersandar

6 Desember 2021 - 11:20 WIB

Aksi 212 Dicegat, Rakyat Nekat | Sak Iki Haul Km 50..!

6 Desember 2021 - 06:31 WIB

Pikiran Positif Anies, dan Kekhawatiran Dahlan Iskan Tuai Kebenaran

5 Desember 2021 - 11:24 WIB

Maksud Baik Risma

4 Desember 2021 - 13:19 WIB

Trending di kempalanalisis