Euro 2020

Klasemen Akhir Grup D: Inggris dan Kroasia Lolos ke 16 Besar

  • Whatsapp
Gol Raheem Sterling ke gawang Republik Ceko di Matchday terakhir Grup D Euro 2020.

KEMPALAN: Matchday terakhir Grup D telah terlaksana. Inggris keluar sebagai juara grup dan akan ditemani runner-up Piala Dunia 2018 Kroasia untuk melaju ke babak 16 besar.

Sementara itu, Ceko juga dipastikan lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Republik Ceko, yang mengoleksi empat poin, berhasil mengungguli Finlandia dan Ukraina, tim peringkat ketiga di Grup B dan C, yang hanya mengumpulkan tiga poin dari fase grup.

1. Performa Tim di Grup D

Inggris tampil tak konsisten di fase grup. Meski tak sekalipun mengalami kekalahan hingga matchday ketiga. Namun, penampilan Inggris sering naik turun di pertandingan.

Pada laga pembuka melawan Kroasia, Inggris tampil buruk di babak pertama. The Three Lions baru bisa menemukan ritme pemain di babak kedua.

Pada matchday kedua performa Inggris malah makin parah, secara keseluruhan Skotlandia sebenarnya lebih pantas menang. Namun, Anak asuh Gareth Southgate beruntung karena tak ada satu pun gol tercipta sehingga laga berakhir seri.

Di laga terakhir, Inggris sempat tampil luar biasa di babak pertama dan langsung mencetak gol di menit ke-12. Namun, performa The Three Lions kembali menurun di babak kedua, di mana mereka tak menghasilkan banyak ancaman dan peluang.

Ketajaman di lini depan menjadi PR besar untuk Gareth Southgate karena meski tak pernah kalah, The Three Lions hanya bisa mencetak dua gol pada tiga pertandingan.

Harry Kane yang diharapkan menjadi ujung tombak Inggris pun tak tampil memuaskan, Striker Tottenham itu belum sekalipun mencetak gol ke gawang lawan.

Namun, meski buruk di lini depan, pertahanan Inggris terbilang cukup baik. The Three Lions berhasil mencatatkan tiga Clean Sheet dengan tak sekalipun kebobolan selama fase grup.

Di peringkat kedua, ada finalis piala dunia 2018 Kroasia. Meski tampil buruk di pertandingan pembuka, Luka Modric dkk berhasil bangkit di dua pertandingan terakhir.

Setelah meraih hasil seri melawan Republik Ceko, Kroasia dipastikan lolos ke 16 besar usai menekuk Skotlandia dengan skor 3-1.

2. Rekap Hasil Pertandingan Grup D

Kroasia vs Skotlandia 3-1
Republik Ceko vs Inggris 0-1.
Inggris vs Kroasia 1-0
Skotlandia vs Republik Ceko 0-2
Kroasia vs Republik Ceko 1-1
Inggris vs Skotlandia 0-0.

Klasemen Akhir Grup D

No Tim Main Gol Poin
1 Inggris 3 2 7
2 Kroasia 3 1 4
3 Rep. Ceko 3 1 4
4 Skotlandia 3 -4 1

(Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait