Bukan CR7, Pemain Ini Yang Jadi Kunci Portugal Lolos Perempat Final Euro 2024

waktu baca 2 menit
Kiper Portugal Diogo Costa (Foto: A Bola)

FRANKFURT-KEMPALAN: Portugal sukses melangkah ke perempat final Euro 2024. Di Frankfurt Stadium, Frankfurt, Selasa dini hari (2/7), Portugal mempecundangi Slovenia dalam 16 Besar.

BACA JUGA: Italia Tersingkir dari Euro, Begini Nasib Spalletti

Tapi, bukan Cristiano Ronaldo yang jadi kunci A Selecao (julukan timnas Portugal). Yang jadi penentu kemenangan Portugal malam itu adalah portero Diogo Costa. Dia jadi hero dengan tiga kali penyelamatannya saat Portugal menang adu penalti 3-0.

Costa menggagalkan upaya tiga algojo Slovenia, Josip Ilicic, Jure Balkovec, dan Benjamin Verbic. Costa jadi kiper pertama yang sukses mengeblok tiga kali tembakan di babak adu penalti Euro.

Costa mengikuti jejak kiper pendahulunya, Rui Patricio, yang pernah sukses dalam adu penalti di perempat final Euro 2016 melawan Polandia. Bedanya, saat itu Patricio hanya mampu mematahkan satu tembakan lawan.

Berbicara kepada RTP, kiper FC Porto tersebut mengaku sudah mempelajari skill penalti pemain-pemain Slovenia. Hanya, apa yang telah dipelajarinya tidak sama seperti malam itu.

’’Aku hanya mengikuti instingku, dan aku senang bisa membantu tim memenangi laga ini,’’ sebut Costa, seperti yang dilansir dari laman A Bola. Tiga kali saves-nya itu jadi kali ke-12 dia menghentikan penalti dari 22 kali situasi penalti sepanjang kariernya.

’’Jujur saat itu aku buta (kekuatan algojo lawan) dan aku hanya mengikuti instingku. Kami menganalisanya tetapi pemain yang mengambil penalti berbeda. Jadi aku hanya mengikuti instingku saja saat itu,’’ sambung Costa yang dianugerahi gelar Man of the Match dalam laga tersebut.

Performa cemerlang Costa tersebut menutupi gagalnya Ronaldo saat menendang penalti saat menit ke-105 babak tambahan waktu. Costa mengerti frustrasinya CR7 saat itu. Situasi itu juga yang jadi tambahan motivasinya saat menjalani babak adu penalti.

Dengan kemenangan ini, Portugal lolos ke perempat final dan akan melakoni laga big match menghadapi Prancis di tempat yang sama. Costa menganggap kemenangan ini sebagai sinyal bahwa mentalitas mereka Portugal tidak hanya dalam 90 menit. (YMP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *