Jatim-Ceko Bahas Tindak Lanjut Pengembangan Kerjasama Transportasi Publik di Gerbangkertosusila

waktu baca 4 menit
Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono menerima kunjungan kerja Dubes Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek di Gedung Negara Grahadi, Kamis (7/3) pagi.

SURABAYA-KEMPALAN: Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menerima kunjungan kerja Duta Besar (Dubes) Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek di Gedung Negara Grahadi, Kamis (7/3) pagi.

Kedatangan Dubes Ceko disambut langsung oleh Pj. Gubernur Adhy diiringi tarian Jejer Gandrung asal Banyuwangi dan dilanjutkan dengan penandatanganan buku tamu. 

Dalam pertemuan ini, keduanya membahas tindak lanjut pengembangan kerjasama di sektor transportasi publik utamanya yang berbasis digital atau elektronik. Terutama untuk wilayah Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan (Gerbangkertosusila).

Di mana saat ini Pemprov Jatim dalam pengembangan transportasi publik telah melakukan beberapa langkah. Utamanya pada proyek pengembangan Surabaya Urban Mobility Plan (SUMP) yang menghubungkan wilayah Gerbangkertosusila.

“Saat ini sudah ada masterplan-nya. Serta kebutuhan Surabaya Raya ini sedang dibahas dan pengembangannya sangat dibutuhkan,” ucap Adhy.

“Tadi kita sudah membahas kerjasama dan sudah mengerucut. Diskusinya hanya satu, yakni sistem transportasi lokal Surabaya dan sekitarnya yang sudah kita selesaikan masterplan-nya dengan konsultan Jerman, Jepang, dan Inggris,” imbuhnya.

Adhy mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Dubes Republik Ceko dengan Gubernur Jatim Periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa pada Juli 2023 lalu.

Maka sebagai tindak lanjut dari pertemuan tahun lalu tersebut, pada pertemuan kali ini Dubes Republik Ceko turut mengajak CEO Skoda Group, yang merupakan perusahaan teknik Ceko yang berfokus pada pengembangan moda transportasi digital berbasis elektrik.

“Melihat itu, Skoda Group tertarik untuk investasi dan telah membahas bersama Menteri Perhubungan RI untuk bisa ikut pada proyek pengembangan SUMP,” katanya.

Lebih lanjut, Adhy mengatakan bahwa Skoda Group memiliki kemampuan yang baik dalam bidang transformasi transportasi elektrik yang terkenal di Eropa.

“Melihat potensi ini, Trans Jatim milik kita juga bisa bertransformasi menjadi elektrik bus atau e-bus. Nantinya ini juga akan bekerjasama dengan PT. INKA. Ke depan akan ada pertemuan khusus antara Skoda dengan Tim Project kita,” ucapnya.

“Mudah-mudahan produk yang telah ditawarkan tadi bisa masuk ke Jatim. Kita berharap bahwa transformasi ini bisa segera dilangsungkan, karena saat ini sudah tidak memungkinkan mengandalkan energi fosil. Ditambah lagi, Skoda menawarkan digital solution, bukan hanya produk saja,” tambahnya.

Adhy pun secara terbuka menerima investasi dari Skoda Group utamanya pada transformasi pengembangan bus Trans Jatim menjadi elektrik.

“Saat ini load factor pada koridor I Trans Jatim mencapai 130%. Sehingga ini sangat memungkinkan investasi dari Skoda bisa masuk dengan memberikan bus yang berkapasitas besar. Ini sangat memungkinkan karena Trans Jatim berada dalam wewenang Pemprov Jatim,” jelasnya.

“Nantinya akan ada pertemuan lanjutan yang mempertemukan tim teknis Skoda dengan tim proyek khususnya di Dinas Perhubungan,” imbuhnya.

Di akhir, Adhy menyampaikan apresiasi atas terjalinnya hubungan baik antara Jawa Timur dengan Republik Ceko. Menurut Adhy, banyak potensi kerja sama teknis yang bisa dikembangkan antara Republik Ceko dan Jawa Timur.

“Kerja sama dengan mitra luar negeri memiliki fungsi strategis terutama untuk memberikan dukungan pada kebijakan pembangunan dan mempererat hubungan kedua belah pihak. Juga memperluas jejaring kerja sama kedua belah pihak,” tandasnya.

Sementara itu, Duta Besar Republik Ceko Jaroslav Dolecek menyampaikan rasa terima kasihnya atas penyambutan yang baik di setiap kunjungannya ke Jawa Timur.

“Surabaya dan Jawa Timur memiliki banyak potensi serta pertumbuhan ekonomi yang pesat. Kami merasa pengembangan transportasi publik penting untuk pengembangan kota. Kami akan sangat senang jika bisa bergabung dalam pengembangan kota,” pungkasnya.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Perhubungan Prov Jatim Nyono, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov Jatim Iwan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov Jatim Jempin Marbun, dan Plt. Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Jatim Pulung Chausar.

Kemudian CEO Skoda Transportation Petr Novotny, Bussiness Developement Director Antonio Alamar, Senior HR Manager Vlastimil Vaclavik, Executive Manager Tomas Povejsil, Assistant Honorary Consul General of Czech Republic of Ceko Adi Saputra Tedjasurya, dan Staf Honorary Consul General of Czech Republic Upik Malahayati. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *