Cari Mobil Bekas Harga Realistis, Begini Caranya…

waktu baca 3 menit
CEO Mobilman.id Danang Wikanto meneliti mobil bekas.

KEMPALAN: MOBIL bekas harga murah, justru merugikan pembeli. Sebab, mobil jenis ini umumnya kondisi hancur. Atau dokumen bermasalah. Mobil bekas harga mahal, pasti tidak menarik calon pembeli. Harga jadi relatif, tergantung pasaran. Makan, penjual-pembeli harus paham harga pasaran.

Jual-beli mobil bekas, sudah berkembang. Dulu, tiga dekade lalu, ditawarkan dari mulut ke mulut, melalui calo. Atau dipajang di pinggir jalan, dengan tulisan “Dijual”.

Kemudian berkembang, beriklan di koran. Paling top pada dua-tiga dekade lalu, di Jakarta ada Koran Pos Kota. Dinamakan iklan baris. Tarifnya dihitung per baris kalimat deskripsi mobil. Sangat ramai. Per hari Pos Kota bisa memuat 200 sampai 300 iklan mobil, belum termasuk motor. Calon pembeli tinggal membeli koran pagi-pagi, lalu bergerak keliling Jakarta, menuju alamat terget.

BACA JUGA: Jual Mobil Sulit Laku? Lelang Saja di Mobilman Mitra Caready

Era koran kemudian redup, digantikan media online. Lantas, lahirlah beberapa marketplace jual-beli mobil bekas. Penjual beriklan di situ, calon pembeli tinggal membuka melalui HP.

Sayangnya, calon pembeli masih juga keliling Jakarta, mencari mobil bekas dengan harga realistis. Diperbandingan antara harga dengan kondisi mobil. Sebab, mayoritas pengiklan menyebutkan kondisi mobilnya: Prima, siap pakai, mulus, mesin kering. Tapi setelah dicek calon pembeli, ternyata tak seindah iklannya. Ada saja cacatnya.

Penjual tidak menipu. Cuma setengah menipu, atau dihaluskan lagi: trik marketing. Sedangkan, calon pembeli telanjur dirugikan waktu dan tenaga, juga transpor, menuju titik alamat penjual.

BACA JUGA: Beginilah Mobilman Temukan Jual dan Cari Mobil Bekas

Era berkembang lagi, iklan jual-beli mobil bekas online, bergaransi. Sebulan. Pada mobil-mobil bekas produksi maksimal lima tahun. Di atas lima tahun, tidak digaransi. Harganya jadi naik untuk biaya garansi. Lagi pula, mobil keluaran lima tahun ke bawah, belum saatnya rusak. Kecuali bekas tabrak atau terendam banjir.

Jual-beli mobil bekas masih sulit menemukan skema ideal. Dalam arti, menguntungkan penjual, tapi tidak merugikan pembeli. Sama-sama untung. Sama-sama happy.

Markeplace jual-beli mobil bekas Mobilman.id memecahkan problem itu. Dikutip dari Kontan.co.id berjudul: Jual Beli Mobil Bekas di Mobilman.id diatasi dengan transparansi. Penjual beriklan di situ secara transparan. Juga dilengkapi fitur Cariin Mobil yang membuat calon pembeli bisa melihat harga pasaran semua merek dan jenis mobil di kota-kota besar Indonesia, yang update setiap saat.

BACA JUGA: Mobil Bekas, Ada Harga Ada Rupa

Keuntungan calon pembeli lewat iklan Mobilman adalah tidak perlu membuang waktu dan tenaga keliling kota, mendatangi alamat penjual. Cukup, sekali datang di satu tempat penjual, lalu deal. Transaksi. Sebab, iklannya transparan. Sesuai harga pasaran di fitur Cariin Mobil.

Keuntungan penjual, tidak banyak ribet. Didatangi banyak calon pembeli, tapi tidak deal semua. Karena tidak cocok. Di Mobilman cuma sekali didatangi calon pembeli, lalu deal.

BACA JUGA: Fraudster dan Hacker Serang Perusahaan Startup

Cara itu sudah maju. Mengatasi problem. Mobilman sebagai perusahaan startup, memang harus mengatasi problem. Membuat transaksi lebih praktis dan efisien. Bagi semua pihak.

Mungkin, di masa depan, calon pembeli mobil bekas tidak perlu bergerak sama-sekali. Calon pembeli memantau iklan online di HP, memilih, deal, penjual mengirim mobilnya ke alamat pembeli, COD (Cash and Delivery). Selesai. (*)

Editor: DAD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *