Menu

Mode Gelap

kempalanalisis · 23 Jun 2022 16:22 WIB ·

Mas Anies dan Kartu Nama


					Kepedulian Mas Anies terhadap teman-teman kita yang berkebutuhan khusus ditunjukkan bukan dengan sesuatu yang besar saja, namun juga pada hal-hal kecil, salah satunya ketika mencetak kartu nama, bagaimana agar informasi di kartu nama bisa diakses oleh lebih banyak orang. Perbesar

Kepedulian Mas Anies terhadap teman-teman kita yang berkebutuhan khusus ditunjukkan bukan dengan sesuatu yang besar saja, namun juga pada hal-hal kecil, salah satunya ketika mencetak kartu nama, bagaimana agar informasi di kartu nama bisa diakses oleh lebih banyak orang.

KEMPALAN: Suatu pagi di bulan November 2014. Mbak Hesti, sekretaris Mas Anies kala itu, datang ke ruang beliau, seperti biasa laporan terkait dokumen dan jadwal Mendikbud pada hari tersebut. Salah satu yang dimintakan arahan adalah desain kartu nama. Mbak Hesti kemudian menyodorkan beberapa alternatif kartu nama.

“Izin Pak, ini adalah beberapa contoh kartu nama, seperti biasa, Mendikbud baru harus segera membuat kartu nama,” mbak Hesti membuka pembicaraan.

“Oh begitu,” jawab Mas Anies.

Kemudian Mas Anies mengambil dan melihat contoh desain kartu nama itu sambil dibolak-balik dan diraba kertasnya.

“Mbak, kartu nama itu selain menunjukkan identitas, juga bentuk penghormatan kita pada yang akan kita beri,” terang Mas Anies

“Tidak harus mahal, tapi harus dipastikan kualitasnya bagus, dari mulai bahan dan hasil cetakannya” sambungnya sambil memegang beberapa kartu nama di tangan kanan dan kirinya.

Mas Anies seperti ingin menjelaskan kenapa dia agak lama meneliti beberapa contoh desain kartu nama yang disodorkan.
Nadanya seperti orang yang sedang bicara sendiri, bukan sedang menggurui lawan bicaranya. Namun lebih seperti orang yang membuka topik untuk didiskusikan.

“Menurut mbak Hesti, antara ini dan ini, bagus mana?” tanya Mas Anies sambil memegang dua contoh desain kartu nama di tangan kanan dan kirinya

Khas Mas Anies, selalu berusaha melibatkan orang dalam sebuah pembicaraan dan pengambilan keputusan. Hal tersebut adalah ikhtiar untuk mendengar pendapat juga karena Mas Anies tau, mbak Hesti ini sudah lama jadi sekretaris sehingga pasti jauh lebih berpengalaman untuk hal-hal yang bersifat kesekretariatan.

“Yang ini Pak, cetakan lebih bagus, dan juga percetakannya bisa dipegang dalam hal kulaitas dan waktu produksi” jawab Mbak Hesti

“Betul juga, tapi mbak bisa nggak, dibuatkan huruf braille juga diatas kartu nama? Yang memuat informasi nama dan nomor telepon serta nama kantor,” tanya Mas Anies

“Braille Pak?” tanya balik mbak Hesti mencoba memastikan apa yang dikatakan pimpinannya.

“Betul, agar kawan-kawan kita yang tuna netra, juga bisa membaca informasi di kartu tersebut, tidak perlu dibantu orang lain, tentunya mereka juga pasti ada hal yang mungkin akan di sampaikan ke Mendikbud” jawab Mas Anies

Seperti biasa, bukan dengan kalimat perintah, tapi dengan sebuah pertanyaan seperti sedang berdiskusi, yang mungkin membuat setiap yang bekerja di bawah mas Anies selalu merasa nyaman dan terlibat, walaupun dalam tensi pekerjaan tinggi dan kadang deadline yang super ketat serta sumber daya terbatas.

Singkat cerita, mbak Hesti yang juga asli orang Semarang ini memang sangat cekatan. Dia mencari referensi kemudian berkoordinasi dengan percetakan.
Dummy-nya diujicobakan pada mereka yang bisa membaca huruf ini, kemudian jadilah kartu nama dengan 3 baris huruf braille yang memuat informasi nama, nomor telepon dan jabatan.

Kepedulian Mas Anies terhadap teman-teman kita yang berkebutuhan khusus ditunjukkan bukan dengan sesuatu yang besar saja, namun juga pada hal-hal kecil, salah satunya ketika mencetak kartu nama, bagaimana agar informasi di kartu nama bisa diakses oleh lebih banyak orang.

Dan kabarnya, standar kartu nama ini juga dipakai oleh Mendikbud yang berikutnya. (Mghozi)

Editor: Freddy Mutiara

Artikel ini telah dibaca 375 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Beda Lumur Tinja, Antara Jakarta dan New York

1 Juli 2022 - 13:41 WIB

Sulitnya Kejar Warisan Rp737 Triliun

30 Juni 2022 - 16:17 WIB

Hasto dan Tukang Bakso

30 Juni 2022 - 11:49 WIB

Munculnya Guru Besar Rasa Buzzer

30 Juni 2022 - 07:35 WIB

Anies dan Holywings

29 Juni 2022 - 14:42 WIB

Pembunuh Sadis di Tangsel Terlacak Sinyal

29 Juni 2022 - 14:01 WIB

Trending di kempalanalisis