Menu

Mode Gelap

kempalanews · 26 Apr 2022 09:03 WIB ·

BREAKING NEWS: Sirikit Syah Berpulang


					Wartawati senior Dr. Hernani Sirikit Perbesar

Wartawati senior Dr. Hernani Sirikit

SURABAYA-KEMPALAN: Setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker payudara,  wartawati senior Dr. Hernani Sirikit meninggal dunia Selasa pagi (26/4) di RS Islam, Surabaya.

Almarhumah yang lebih dikenal dengan nama pena Sirikit Syah mengembuskan nafas terakhir dalam usia 61 tahun.

Sirikit berjuang melawan kanker payudara sejak enam tahun terakhir. Dalam setahun terakhir Sirikit menjalani kemoterapi dua kali dalam sebulan.

Sirikit sering curhat kepada teman-temannya mengenai kondisinya yang lemah selama menjalani kemoterapi. Tetapi Sirikit tetap tegar dengan penyakitnyan itu.

Dalam kondisi sakit Sirikit masih tetap produktif menulis. Pengalaman sakitnya dia tulis dalam buku ”Me and My Cancer”. Sirikit juga meluncurkan kumpulan cerpen ”Lelaki dari Masa Lalu”.

Buku terakhir yang diluncurkan Sirikit adalah ”Teori dan Filosofi Jurnalistik dalam Praktik” yang diterbitkan bersamaan dengan peringatan Hari Pers Nasional, Februari 2022.

Selama hidupnya Sirikit berkarir sebagai wartawan, seniman, dan pengajar. Ia aktif dalam berkesenian bersama Bengkel Muda Surabaya.

Sirikit pernah menjadi kepala biro SCTV Jawa Timur pada dekade 1990-an dan pernah menjadi pemimpin redaksi Surabaya Post.

Karir akademisnya ia tempuh sebagai dosen Stikosa-AWS dan pernah menjadi wakil ketua. Sirikir memperoleh gelar master dari Cardiff University UK dan doktor dari Unesa.

Sebulan sebelum wafat Sirikit masih sempat mantu salah satu putranya. Sirikit aktif dalam organisasi dan masuk dalam jajaran tim pakar DPW PKS (Partai Keadilan Sosial) Jawa Timur.

Sirikit juga masuk dalam kepengurusan ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia) Jawa Timur sebagai sekretaris dewan pakar. (*)

Editor: DAD

Artikel ini telah dibaca 544 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Menpan/RB Tjahjo Kumolo Wafat, Gubernur Khofifah Menyampaikan Duka Cita Mendalam

1 Juli 2022 - 15:05 WIB

Tjahjo Kumolo Wafat, Gubernur Khofifah: Beliau Sosok yang Demokratis, Bijak, Tegas, dan Rendah Hati

1 Juli 2022 - 15:04 WIB

India Terkesan RIOK Championship 2022

1 Juli 2022 - 14:42 WIB

Aksi Peduli di Hari Bhayangkara ke-76, Polsek Tanggulangin Bagi Sembako

1 Juli 2022 - 12:25 WIB

HUT Bhayangkara ke-76, Puan Harap Polri Makin Profesional dan Humanis ke Rakyat

1 Juli 2022 - 12:12 WIB

Kado Hari Bhayangkara ke-76, Kapolresta Sidoarjo Raih iNews Maker Award 2022

1 Juli 2022 - 11:26 WIB

Trending di kempalanews