Menu

Mode Gelap

kempalanews · 24 Apr 2022 07:11 WIB ·

Arus Mudik, Ganjar Cek Kesiapan Jalur Selatan


					Usai memimpin Musrenbangwil di Banyumas, Jumat (22/4), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung mengecek jalur mudik Selatan. Meski banyak pemudik yang akan lewat jalur Pantura dan jalan tol, Gubernur ingin jalur selatan juga diperhatikan. Perbesar

Usai memimpin Musrenbangwil di Banyumas, Jumat (22/4), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung mengecek jalur mudik Selatan. Meski banyak pemudik yang akan lewat jalur Pantura dan jalan tol, Gubernur ingin jalur selatan juga diperhatikan.

BANYUMAS -KEMPALAN:  Usai memimpin Musrenbangwil di Banyumas, Jumat (22/4), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung mengecek jalur mudik Selatan. Meski banyak pemudik yang akan lewat jalur Pantura dan jalan tol, Gubernur ingin jalur selatan juga diperhatikan.

“Ketika mudik dibuka, saya khawatir banyak yang menggunakan jalan alternatif. Apalagi mereka yang menggunakan kendaraan pribadi. Maka yang jalur Selatan di Banyumas ini kita cek, kita siapkan rekayasa lalulintas agar semua lancar,” jelas Gubernur Ganjar Pranowo.

Khususnya di beberapa titik termasuk di Buntu itu. Ganjar menyebut, di lokasi itu seringkali terjadi kemacetan cukup panjang. Sehingga, harus dipersiapkan rekayasa agar tidak ada penumpukan kendaraan.

“Di Buntu ini trafficnya biasanya padat, maka harus direkayasa. Dari Dishub Kabupaten biar membantu untuk rekayasa. Selain jalur Selatan ini, masih ada juga jalur Selatan-Selatan yang kemarin dipromosikan Menteri PUPR,” ucapnya.

Secara keseluruhan, jalur Selatan dan Selatan-Selatan kondisinya bagus. Jalan dalam kondisi baik dan pemandangan yang sangat indah.

“Namun harus diantisipasi banyak jalur di daerah ini yang naik turun dan berkelok sehingga rawan kecelakaan. Maka pemudik kalau lewat jalur ini harus hati-hati,” imbuhnya. Ganjar mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengecekan. Ia memerintahkan untuk jalur rawan kecelakaan dipasang rambu-rambu lalulintas.

“Saya minta dipasang rambu agar pengemudi hati-hati. Termasuk di beberapa daerah yang tanjakan terjal, flyover atau yang rawan lainnya harus dipasang peralatan atau orang agar bisa mengontrol,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro mengatakan, perempatan Buntu Banyumas memang lokasi yang kerap macet. Sebab di lokasi itu, merupakan pertemuan kendaraan dari beberapa jalur.

“Di Jalur Buntu ini kerap macet karena menjadi pertemuan arus dari Jogja mau ke Bandung atau Banyumas mau ke Cilacap. Jadi nanti memang harus ada penjagaan ekstra di sini,” ucapnya.

Henggar menerangkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dishub Banyumas terkait pengaturan traffic di lokasi itu. Untuk wilayah yang sepi, maka lampu traffic akan diatur sedemikian rupa.

“Nanti skenarionya yang sepi akan dikurangi lampu hijaunya (traffic light), kawan-kawan dari kabupaten yang akan mengatur itu. Kami akan koordinasi termasuk penempatan personil dan posko di sini,” katanya.

Selain jalur selatan, Gubernur juga mengecek persiapan jalur alternatif Kembangan-Linggamas. Jalur yang ada di perbatasan Banyumas-Purbalingga ini kondisinya rusak dan bergelombang.

“Yang di Banyumas sudah dicor, sudah bagus, tapi yang disini Kondisinya rusak. Informasinya ada galian C,” ujarnya. “Ini jalur ke bandara, tapi juga biasa digunakan mudik lebaran. Maka saya minta segera diperbaiki, agar tidak membahayakan,” pungkasnya.

Editor: Freddy Mutiara

 

Artikel ini telah dibaca 46 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Gubernur Khofifah Sampaikan Duka Cita Atas Korban Kecelakaan Bus Pariwisata di Jalan Tol Mojokerto-Surabaya KM 712

17 Mei 2022 - 06:15 WIB

Jenguk Korban Korban Laka Lantas Tol Sumo di Sejumlah RS, Wali Kota Eri Cahyadi Minta Penanganan Terbaik

16 Mei 2022 - 19:47 WIB

Pemkot Surabaya Kirim Ambulans untuk Pemulangan Jenazah Korban Laka Lantas Tol Sumo

16 Mei 2022 - 19:42 WIB

Bupati Sidoarjo Kukuhkan Pengurus Karang Taruna Periode 2022-2027

16 Mei 2022 - 19:27 WIB

Gus Muhdlor: BUMDes Bisa Bangkitkan Perekonomian Desa

16 Mei 2022 - 19:20 WIB

Gus Muhdlor Beri Motivasi Santri Darul Ulum Jombang Asal Sidoarjo di Pendopo

16 Mei 2022 - 18:11 WIB

Trending di kempalanews