Menu

Mode Gelap

kempalanews · 22 Apr 2022 06:00 WIB ·

Meriah! Kegiatan Ramadhan For Earth Kader Hijau Muhammadiyah di Kulonprogo


					Warga Nanggulan, Kulonprogo, Yogyakarta. ikut berpartisipasi dalam pembuatan kompos. (Foto/Alfaizi-kempalan.com) Perbesar

Warga Nanggulan, Kulonprogo, Yogyakarta. ikut berpartisipasi dalam pembuatan kompos. (Foto/Alfaizi-kempalan.com)

YOGYAKARTA-KEMPALAN: Antusiasme Warga Nanggulang, Kulonprogo, Yogyakarta dalam mengikuti kegiatan Ramadhan For Earth yang digelar Oleh Kader Hijau Muhammadiyah (KHM)

Dibulan yang amat suci ini, Kader Hijau Muhammadiyah (KHM) bersama dengan warga Nanggulan, Kulonprogo yogyakarta menggelar aksi Ramadhan For Earth di Komplek Agribisnis Muhammadiyah Nanggulan.

Kegiatan yang amat menarik ini dilakukan pada momentum peringatan hari bumi, dengan rangkaiann agenda yang dimulai pada hari kamis (21/4/22) dan akan berakhir pada hari bumi Jum’at (22/4/22)

Edukasi menanam dan peduli lingkungan ini yang diberi nama Ramadhan For Earth. Bekerjasama dengan Lembaga Kesejahteraan Anak Panti Asuhan (LKSAPA) Muhammadiyah Nanggulan, serta sejumlah organisasi dan lembaga seperti Greenpeace Indonesia, Ummah For Earth Project, Greenfaith, Disaster Management Center (DMC), Dompet Dhuafa, hingga yayasan Bringin.

BACA JUGA: Refleksikan Hari Bumi di Bulan Ramadhan, KHM dan Warga Muhammadiyah Nanggulan, Kulonprogo akan Gelar Aksi”

Perpaduan antar berbagai elemen gerakan lingkungan ini menjadi sangat membuat berwarna dan tentunya amat sangat bermanfaat bagi warga sekitar.

KHM dan gerakan lingkungan dan sosial lainya juga menunjukan bahwa betapa pentingnya kita sebagai manusia untuk senantiasa bermanfaat bagi manusia lainnya. Apapun bentuk kebermanfaatan itu.

Warga sedang memperhatikan praktek permakultur. Foto/alfaizi-kempalan.com

Ramadhan For Earth bertajuk “Ramadhan seru, Bersama Merawat Bumi di Bulan yang Suci” dikemas dengan berbagai macam agenda.

Mulai dari praktik permakultur, penannaman bibit, komposting atau pembuatan pupuk organik, pembuatan cairan penangkal hama dan gulma, khutbah hijau, kajian 40 hadits hijau, hingga buka bersama.

Beberapa rangkaian agenda yang di lakukan oleh KHM dan Tim Ramadhan For Earth ini bertujuan untuk mengedukasi warga Nanggulan, agar senantiasa mengembangkan kemampuan warga dalam menanam dan memperhatikan lingkungannya.

Wargapun sangat antusias mengikuti segala rangkaian acara dari pagi hingga menjelang buka puasa. Antusias warga dapat dilihat ketika beberapa pemateri sedang menyampaikan materinya dan terlihat disana wargapun dengan amat serius memperhatikan.

Keseruan dan antusias wargapun berlanjut ketika Tim Ramadhan For Earth ini mulai berlajut kesesi praktek. Warga dengan jeli melihat, memperhatikan berbagai macam langkah-langkah yang ia lakukan.

Tak hanya itu warga juga ikut berpartisipasi dan melakukan beberapa praktek pengomposan dan permakultur secara bergantian.

Banyak remaja sekitar pula yang turut andil dalam praktek yang di lakukan dalam rangkaian acara Ramadhan For Earth.

Kegiatan ini memang dirancang agar warga senantiasa paham dan mengerti bagaimana cara melindungi dan memperhatikan alam dan lingkungan sekitarnya. (Moch. Alfaizi)

Editor: Freddy Mutiara

Artikel ini telah dibaca 89 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wali Kota Eri Cahyadi Berangkatkan Bromo KOM Challenge 2022, Kejuaraan Bersepeda Bakal Jadi Agenda Rutin Perayaan HJKS

21 Mei 2022 - 20:47 WIB

Menakar Indonesia ke Depan ala Gubernur Ganjar di Kampus UBAYA, Rektor: Kewajiban Moral Politik Kebangsaan terhadap Bangsa dan Negara

21 Mei 2022 - 20:14 WIB

Gelar Doa, Yasin dan Tahlil Tujuh Hari Korban Kecelakaan Bus Ardiansyah, Taman Zakat Ajak Puluhan Anak Yatim

21 Mei 2022 - 19:55 WIB

Bupati Gus Muhdlor Pastikan Jalan Rusak di Kawasan Buduran Diperbaiki sebelum Akhir Mei

21 Mei 2022 - 19:30 WIB

700 Peserta Meriahkan Festival Rujak Uleg di HJKS ke 729

21 Mei 2022 - 18:35 WIB

Jangan Ada Calon Jama’ah Haji Batal karena Vaksin Belum Lengkap. Khofifah: Vaksinasi Covid-19 Gratis di Semua Faskes

21 Mei 2022 - 14:05 WIB

Trending di kempalanews