Menu

Mode Gelap

kempalanews · 10 Jan 2022 15:30 WIB ·

LaNyalla Ingatkan Pemkab Jember Lakukan Penanganan Pasca Bencana


					Bencana banjir di Kabupaten Jember turut menjadi perhatian Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Ia mengingatkan Pemerintah Kabupaten Jember untuk melakukan penanganan pasca bencana dengan konsisten. Agar kehidupan ekonomi para korban cepat pulih. Perbesar

Bencana banjir di Kabupaten Jember turut menjadi perhatian Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Ia mengingatkan Pemerintah Kabupaten Jember untuk melakukan penanganan pasca bencana dengan konsisten. Agar kehidupan ekonomi para korban cepat pulih.

JAKARTA -KEMPALAN: Bencana banjir di Kabupaten Jember turut menjadi perhatian Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Ia mengingatkan Pemerintah Kabupaten Jember untuk melakukan penanganan pasca bencana dengan konsisten. Agar kehidupan ekonomi para korban cepat pulih.

Banjir di Jember menghantam tiga kecamatan, yakni Panti, Kaliwates dan Rambipuji. Korban terdampak banjir berjumlah 440 KK atau 1.668 jiwa.

Sedangkan kerugian materil yakni 440 unit rumah terdampak, tempat ibadah 3 unit, dan tempat usaha 2 unit.

“Kita minta segera selamatkan korban. Penuhi segala kebutuhannya baik tempat sementara, makanan maupun pakaian. Setelah itu jangan dilupakan upaya yang harus dilakukan terkait masa depan atau kehidupan para korban bencana ini ke depan,” kata LaNyalla, Senin (10/1/2022).

Senator asal Jawa Timur ini menjelaskan, Pemerintah seringkali terlambat menangani masalah kebencanaan.

“Kita minta pemerintah lebih memaksimalkan dalam mitigasi bencana. Karena jika tidak diambil langkah cepat akan berdampak pada pemulihan ekonomi bagi para korban,” ujar dia.

Menurut LaNyalla, pemerintah harus  mengevaluasi kinerja penanganan pasca kebencanaan. Dalam hal ini perlu didorong pada pemulihan ekonomi korban.

“Pemulihan ekonomi para korban harus jadi prioritas pasca bencana. Kenapa?  Supaya para korban dapat segera bangkit kembali sehingga tidak menunggu bantuan untuk menata kehidupannya lagi,” ucapnya.

LaNyalla juga mengingatkan pemerintah dan masyarakat tetap waspada dengan bencana banjir atau lainnya. Mengingat cuaca ekstrem masih akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

“Wilayah-wilayah yang rawan terjadi banjir harus siaga. Siapkan langkah-langkah antisipasi saat banjir terjadi di lingkungan tempat tinggal untuk meminimalisir kerugian,” tegasnya. (*)

Editor: Freddy Mutiara

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Reaksi Kapolda Jabar ke GMBI, Begini Respon Sahabat Polisi Indonesia

28 Januari 2022 - 22:33 WIB

Ketum Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh

UMSIDA Siapkan 1392 Mahasiswa Sukseskan Konsep Desa Wisata Melalui KKN Pencerahan 2022

28 Januari 2022 - 22:14 WIB

Pemkot Surabaya Gelar Kerja Bakti Massal, Kerahkan 34 Unit Dump Truk dan 2000 Karung

28 Januari 2022 - 20:19 WIB

Ketua DPC PKB Sidoarjo H Subandi Beri Pesan Khusus di Agenda Musancab

28 Januari 2022 - 20:04 WIB

Waspada Covid-19 Varian Omicron, Pemkot Surabaya Terbitkan SE Wali Kota

28 Januari 2022 - 19:48 WIB

RSUD Sidoarjo Tambah Layanan Instalasi Pelayanan Kanker Terpadu

28 Januari 2022 - 19:43 WIB

Trending di kempalanews