Menu

Mode Gelap

Kempalpagi · 27 Apr 2022 17:26 WIB ·

LBP dan Elon Musk


					Foto: motor1.com Perbesar

Foto: motor1.com

KEMPALAN: LUHUT Binsar Panjaitan (LBP) berkunjung ke Amerika Serikat bertemu dengan Elon Musk, manusia paling kaya sejagat raya dan sangat mungkin manusia yang paling berpengaruh di dunia. Musk baru saja menjadi pemilik Twitter setelah membelinya dengan harga USD 44 miliar atau sekitar Rp 650 triliun.

Musk juga memiliki perusahaan ruang angkasa Space X yang bakal menjadi perusahaan transportasi yang membawa manusia piknik ke planet luar. Space X juga sudah menyiapkan proyek besar transmigrasi antar-planet dengan membawa manusia pindah ke Mars.

Transmigrasi antar-planet ini bukan proyek kaleng-kaleng atau proyek khayalan. Musk merencanakan dalam lima tahun ke depan sudah ada manusia yang bisa didaratkan di Mars. Musk melihat planet bumi sudah tidak layak huni lagi di masa mendatang dan karenanya manusia harus siap-siap melakukan migrasi besar-besaran antar-planet.

Dalam tradisi agama kita mengenal Nabi Nuh yang menyiapkan bahtera besar untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran banjir besar. Elon Musk sekarang menyiapkan semacam versi baru dari Bahtera Nuh  dalam netuk pesawat ulang-alik canggih yang bisa membawa manusia melakukan transmigrasi ruang angkasa ke Mars

Beda dengan pesawat ruang angkasa yang selama ini ada, yang hanya sekali pakai, pesawat Bahtera Nuh milik Elon Musk ini bisa dipakai berkali-kali untuk mengangkut penumpang dari bumi ke Mars.Atas pemikirannya yang nyeleneh tapi jenius itu Elon Musk tahun lalu dinobatkan sebagai ‘’Person of the Year’’. Musk dianggap sebagai manusia yang paling berpengaruh, manusia yang mampu menangkap imajinasi teknologi paling liar dan menjadikannya sebagai kenyataan.

Musk ialah manusia terkaya di planet bumi ini. Total kekayaannya mencapai USD 1 triliun. Selain menciptakan Bahtera Nuh futuristik Musk memperoleh kekayaannya dari Pabrik Tesla yang menciptakan mobil listrik yang sekarang merajai pasar dunia. Musk berhasil menyihir manusia seluruh dunia, termasuk anak-anak muda milenial, untuk beralih ke mobil listrik yang ramah lingkungan.

Produksi mobil listrik besar-besaran yang dilakukan Musk di Tesla juga merupakan perwujudan dari ide Musk bahwa kiamat sudah dekat. Mobil dengan bahan bakar bensin yang setiap hari kita naiki, akan mempercepat kiamat dunia karena hancurnya lingkungan. Mobil konvensional menjadi penyumbang 10 persen kerusakan lingkungan setiap tahun, yang pada akhirnya menyebabkan dunia kiamat.

Majalah Time menjelaskan bahwa Person of the Year adalah penanda pengaruh. Artinya, mereka memilih orang-orang yang memiliki daya pengaruh besar kepada orang lain. Time mencatat bahwa tak banyak individu yang memiliki pengaruh lebih besar ketimbang Elon Musk pada kehidupan saat ini. Dia muncul bukan hanya sebagai orang terkaya di dunia, tetapi juga dianggap membawa perubahan yang besar dalam masyarakat.

Time juga menyoroti beberapa inovasi yang dilakukan Musk, seperti kecerdasan buatan, neuroteknologi, sistem pembayaran, dan cryptocurrency. Di bidang teknologi otomotif, Tesla adalah terobosan revolusioner  dan terbukti kendaraan listrik ini masuk ke arus utama dan menjadikan Tesla sebagai perusahaan dengan omset triliunan dolar.

Time menegaskan belum mengetahui seberapa besar Elon Musk akan mengubah kehidupan. Namun, di usia Musk yang sekarang 50 tahun, dia memiliki banyak hal yang bisa dilakukan tentang masa depan.

Dengan posisi seperti itu Musk akan menjadi manusia paling kaya dan sekaligus paling berpengaruh di dunia. Musk baru saja mengakuisisi Twitter dan bakal mengubahnya dari perusahaan publik menjadi perusahaan private miliknya sendiri. Dengan demikian Musk punya kewenangan penuh untuk mengendalikan Twitter tanpa harus bertanggung jawab terhadap para pemegang saham.

Musk sudah berancang-ancang akan mengubah Twitter menjadi media sosial yang mempromosikan kebebasan berpendapat dan berdemokrasi. Belum diketahui apa maksud Musk dengan hal itu. Tetapi, melihat kegilaannya selama ini tidak tertutup kemungkinan Twitter akan menjadi ajang mimbar bebas paling besar dan paling berpengaruh di dunia.

Sangat mungkin Musk akan menjadikan Twitter sebagai ajang mimbar bebas tanpa sensor terbesar di jagat raya. Ini berarti wacana-wacana yang selama ini masih sering kena sensor akan bebas ditayangkan di Twitter . Wacana paling liberal seperti kebebasan seksual ala LGBT pasti akan memperoleh panggung seluas-luasnya di Twitter.

Twitter menjadi jejaring media sosial yang populer digunakan masyarakat di Indonesia. Data terbaru menunjukkan terdapat 18,45 juta pengguna aktif Twitter di Indonesia. Dengan jumlah itu Indonesia berada di urutan kelima sebagai negara dengan pengguna Twitter terbesar di dunia.

Amerika Serikat menjadi negara pengguna Twitter terbanyak di dunia dengan hampir 80 juta pengguna. Jepang menduduki urutan kedua dengan pengguna sekitar 60 juta. India dan Brasil berada di urutan ketiga dan keempat dengan masing-masing sebanyak 25 juta dan 20 juta pengguna.

Indonesia ada di posisi kelima mengalahkan Britania Raya dengan jumlah pengguna 18 juta pengguna. Turki dan Arab Saudi menyusul dengan masing-masing memiliki 16 juta dan 14  juta pengguna.

Twitter kini banyak digunakan oleh para politikus untuk mempromosikan kebijakan dan berinteraksi dengan warga dan pejabat lainnya. Salah satunya mantan presiden AS Donald Trump yang pernah menjadi pengguna Twitter yang produktif. Tapi, karena unggahannya dianggap provokatif dan berbahaya akun Trump dihentikan permanen oleh Twitter.

Di bawah kepemilikan pribadi Musk kebijakan itu akan berubah. Masih akan dilihat apakah Musk akan membiarkan politisi kanan ekstrem seperti Trump berekspresi di Twitter . Kalau ditarik ke spektrum yang lebih luas, apakah Twitter akan menjadi mimbar bebas bagi ideologi-ideologi lain seperti komunisme dan islamisme.

Sebagai pemilik tunggal Musk bebas membuat kebijakan. Tentu ia akan membuat kebijakan sesuai dengan ideologi politiknya. Ia pasti akan membuat batasan-batasan sesuai dengan garis politik yang diyakininya. Dengan kewenangan seperti ini Musk bisa menjadi manusia yang paling berpengaruh di dunia.

Lengkap sudah kekayaan dan kedigdayaan Musk setelah mengakuisisi Twitter dari Jack Dorsey yang mendirikannya pada 2006. Dengan mengakuisisi Twitter Musk bisa menyejajarkan diri dengan pengaruh yang dimiliki oleh Mark Zuckerberg pemilik Facebook yang mempunyai pemakai hampir 3 miliar di seluruh dunia.

Orang-orang kaya di dunia akan semakin digdaya dengan memiliki media. Zuckerberg masuk menjadi 10 besar orang terkaya di dunia berkat Facebook yang sekarang berubah menjadi Meta. Jeff Bezos berada di urutan ketiga orang terkaya di dunia dan sudah membeli saham ‘’The Washington Post’’ salah satu suratkabar paling berpengaruh di Amerika Serikat.

Elon Musk boleh saja menjadi orang terkaya di dunia. Tapi, tanpa media kekuasaannya belumlah sempurna. Sekarang, dengan memiliki Twitter lengkaplah sudah kekayaan dan kedigdayaan Elon Musk.

Bukanlah sebuah kebetulan jika kemudian LBP berkunjung ke Amerika sowan kepada Musk. Tujuan utamanya adalah merayu Musk supaya mau berinvestasi ke Indonesia untuk mendirikan pabrik baterei lithium untuk mobil listrik Tesla. Beberapa waktu yang lalu ada kabar Tesla mau berinvestasi di Indonesia tetapi ternyata batal, Indonesia jadi korban PHP Elon Musk.

Tapi itu tidak membuat LBP surut. Ia datang lagi dan mengajukan tawaran yang sama. Kali ini kembali Musk memberi harapan. Musk berjanji akan berkunjung ke Jakarta, dan sebagai balasan Presiden Jokowi akan berkunjung ke Texas markas besar Tesla.

Punya hubungan dengan Elon Musk tentu sangat strategis bagi LBP. Apalagi setelah Musk memiliki Twitter . Pada perhelatan politik 2024 nanti peran Twitter akan sangat penting, dan mempunyai akses langsung kepada sang owner akan menjadi sebuah keuntungan strategis. (*)

Editor: DAD

Artikel ini telah dibaca 55 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

KKN Horor

18 Mei 2022 - 16:22 WIB

Kaus Oblong

18 Mei 2022 - 08:00 WIB

UAS

17 Mei 2022 - 17:27 WIB

Upacara Baijiu

17 Mei 2022 - 08:00 WIB

Jokowi, Biden, dan Elon

16 Mei 2022 - 16:11 WIB

一百二十

16 Mei 2022 - 08:00 WIB

Trending di Kempalpagi