Max Verstappen Kembali Melesat Di Sirkuit Yas Marina, Ada Apa?

waktu baca 2 menit
Mobil Red Bull RB16B yang dikemudikan Max Verstappen saat merebut gelar juara dunia F1. (Foto: AFP)

ABU DHABI-KEMPALAN: Pembalap Red Bull Racing-Honda Max Verstappen baru saja jadi juara dunia Formula 1, Minggu malam (12/12). Tetapi, Selasa ini (14/12) Verstappen harus balik lagi ke jalanan Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.

Bukan kembali membalap gara-gara kemenangannya saat itu diprotes tim yang diperkuat Lewis Hamilton, Mercedes AMG Petronas. Sebab Federasi Otomotif Internasional (FIA) telah menolak materi protes Mercedes terkait dengan aturan safey car itu.

Mad Max (julukan Verstappen) kembali ke Yas Marina dalam rangka untuk menguji mobil yang akan dia kendarai dalam musim balapan 2022 mendatang. Pengujian tersebut akan berlangsung selama dua hari sampai Rabu (15/12).

Hanya, sesuai jadwal, pembalap Belanda itu yang akan menguji mobil RB16B. Bedanya dengan RB16B yang dia pakai dalam tes kali ini akan menggunakan spesifikasi velg dab ban yang beda-beda.

Seperti yang sudah diketahui, untuk balapan F1 musim depan akan resmi menggunakan velg yang berukuran 18 inchi. FIA sebenarnya sudah melakuakn pengujian beberapa kali. Tetapi, sesi di Yas Marina ini jadi untuk kali pertama pengujian dilakukan secara resmi.

Sayangnya, tidak semua pembalap yang mendapat kesempatan turun dalam sesi pengujian mobil itu. Red Bull tampil full team dengan menurunkan Verstappen dan rekan setimnya, Sergio Perez. Begitu pula dengan Scuderia Ferrari yang menurunkan Chales Leclerc dan Carlos Sainz.

Sementara, Mercedes yang menelan pil pahit setelah dikalahkan Verstappen dan Red Bull, tidak menurunkan Lewis Hamilton. Hanya George Russel yang didampingi pembalap muda Nyck de Vries.

Tidak diketahui apa alasan Mercedes tidak menurunkan pembalap yang sudah memenangi F1 ini dalam kurun waktu tujuh musim terakhir sebelum mampu dihentikan Verstappen. Sepertinya itu mengikuti ulahnya ketika absen dari sesi konferensi pers terakhir setelah pesta kemenangan Red Bull.

Di sisi lain, rekan setim Hamilton di Mercedes musim ini Valtteri Bottas memang tak ada dalam daftar lineup Mercedes. Sebaliknya, pembalap berkebangsaan Finlandia tersebut akan duduk di belakang kemudi mobil milik tim Alfa Romeo.

Di Alfa Romeo, Bottas yang sudah didapuk sebagai pembalap resmi pun akan didampingi rookie F1 yang berasal dari China, Guanyu Zhou.  (Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *