Prancis Jalin Kerja Sama dengan Arab Saudi untuk Selesaikan Krisis Lebanon

waktu baca 2 menit
Macron-DW

PARIS-KEMPALAN: Prancis dan Arab Saudi telah melakukan kerja sama melalui telepon dengan Perdana Menteri Lebanon yaitu Najib Mikati. Kerja sama tersebut menjadi gestur bahwa akan ada upaya untuk menyelesaikan krisis secara diplomatik diantara Arab Saudi dengan Lebanon.

Telepon oleh pihak tersebut terjadi pada Sabtu (4/12) ketika Presiden Prancis yaitu Emmanuel Macron melakukan kunjungan ke Arab Saudi.

Dalam krisis tersebut, beberapa negara yang ada di Timur Tengah termasuk Arab Saudi menarik duta besarnya dari Lebanon pada bulan lalu setelah adanya perkataan menteri Lebanon yang mengkritisi Perang di Yaman yang dipimpin oleh Arab Saudi.

Menteri yang mengkritisi hal tersebut telah keluar dari jabatannya pada Jumat (3/12).

Presiden Macron yang telah mengunjungi Arab Saudi, bertemu dengan pangeran Mohammed bin Salman.

“Kami, sekarang akan bekerja di jalan yang konkret untuk bekerja sama antara dua negara” ucap Macron.

Kemudian dalam teleponnya dengan Perdana Menteri Lebanon, disebutkan bahwa Macron dan Pangeran Salman memberikan sebuah pesan bahwa Prancis dan Arab Saudi berkomitmen penuh untuk menyelesaikan permasalahan di Lebanon.

“Kami ingin memberikan komitmen kami untuk membantu warga Lebanon dan oleh karena itu, kami akan melakukan apapun yang kami bisa sekaligus memastikan pembukaan kembali ekonomi dan perdagangan” ucap Macron, melansir dari Aljazeera.

“Kami juga ingin pemerintah Lebanon untuk dapat bekerja dengan normal dan memastikan untuk dapat bertemu secepat mungkin” ucap tambahnya.

(Aljazeera, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *