Menu

Mode Gelap

kempalanalisis · 27 Okt 2021 11:05 WIB ·

Siklus Kehidupan Manusia


					Santri pondok Puteri Nurul Faizah setelah pengajian sekaligus shooting TV9. Perbesar

Santri pondok Puteri Nurul Faizah setelah pengajian sekaligus shooting TV9.

Bu Nyai Dr. Hj. Mihmidaty Ya’cub.

Tausiyah Bu Nyai DR. HJ. Mihmidaty Ya’cub

KEMPALAN: Sepanjang perjalanan hidupnya, manusia akan melewati lima alam, dimulai dengan alam ruh, alam kandungan, alam dunia, alam kubur dan terakhir alam akhirat.

1. Alam Ruh. Yaitu alam di mana ummat manusia berwujud ruh tanpa raga. Al-Qur’an mengisyaratkan, pada waktu itu ummat manusia telah secara sepakat bulat mengakui Allah SWT satu-satunya Tuhan yang akan disembah atau untuk mengabdi. Setelah 5 bulan di dalam Rahim ibunya Allah memasukkan Ruh. Pada saat itu sudah ada pendengaran, penglihatan, dan sebagainya sehingga sudah bisa di didik, mendapatkan stimulus dari luar. Saat menjadi ruh, manusia sudah mengakui adanya Allah Sang Pencipta.

2. Alam Kandungan, yaitu sewaktu manusia itu masih dalam kandungan ibu, dan pada saat itulah dimulainya proses kejadian manusia. Setelah bersaksi Allah SWT sebagai Tuhan, maka pembuktian atau pengamalannya di alam dunia ini dalam konsep yang disebut ibadah atau pengabdian kepada Allah SWT.

Siklus yang ke 3 adalah alam Dunia, yaitu masa kehidupan di dunia sejak dilahirkan dan diwafatkan oleh Allah SWT. Alam ini alam persiapan kita untuk memasuki alam kubur lalu alam akhirat. Kehidupan di dunia amat singkat.

Kematian bisa datang kapan saja dan dimana saja. Kita tidak bisa berlari bersembunyi mengindari kematian, ia akan datang tepat sesuai waktu yang sudah di tentukan. Ketika ajal sudah tiba, ia tidak bisa dimajukan atau di dimundurkan walau sesaat. Yang bisa kita lakukan adalah mempersiapkan diri sebaik-bainya untuk menghadapi siklus selanjutnya.

Artikel ini telah dibaca 341 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Maksud Baik Risma

4 Desember 2021 - 13:19 WIB

Dudung Cocoke Ulama Opo Jenderal Medsos

4 Desember 2021 - 05:28 WIB

Mari Pangur Untu dan Kursus Dadi Matador

3 Desember 2021 - 06:16 WIB

Penyidik yang Tak Pupus

1 Desember 2021 - 13:48 WIB

Kepepet, Erick Thohir Mbanser + Nyokot Jokowi

1 Desember 2021 - 06:19 WIB

Banser Itu Elit

29 November 2021 - 15:06 WIB

Trending di kempalanalisis