Menu

Mode Gelap

Kempalanbis · 10 Sep 2021 19:11 WIB ·

Jreng-Jreng….Inilah Bandar Besar Begonia Termahal di Indonesia


					Aslina Br Pelawi di antara Begonia Sultan di kebunnya. Perbesar

Aslina Br Pelawi di antara Begonia Sultan di kebunnya.

KEMPALAN: NAMA Aslina Br Pelawi memang belum populer di kalangan penggemar Begonia di Indonesia. Namun, sesungguhnya warga Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang (Sumatera Utara) inilah yang menjadi rujukan utama bagi pedagang Begonia Sultan.

Di halaman Pelawi Nursery miliknya, Aslina punya hampir 2 ribu polibag Begonia Sultan. “Lebih dari 1.500 polibag yang siap jual,” katanya, serius.

Sejatinya hampir 11 tahun yang lalu dia sudah mengoleksi Begonia Sultan. “Saya lupa di mana saya membelinya kerika itu. Namun, jika saya ke luar negeri saya pasti membeli tanaman hias. Mungkin saya membelinya di Thailand, atau di Malaysia,” cerita Aslina.

Aslina juga tidak tahu, apa nama sebatang Begonia yang dibelinya pada waktu itu. “Saya. Hanya melihat kualitasnya. Sangat cantik, dan kaya warna,” jelasnya.

Selain itu Begonia Sultan mempunyai serat dan bentuk daun yang unik. Makin tua, daunnya makin penuh dengan warna. “Pokoknya sangat keren,” ucap Aslina.

Karena sangat yakin kelak bakal menjadi salah satu tanaman hias unggulan di nurserinya, maka Aslina sengaja menyimpan, sekaligus membudidayakannya. “Belum lama ini saja saya baru melepas ke pasaran,” lanjut dia.

Aslina sangat tekun merawat Begonia Sultannya, hingga berkembang-biak dalam jumlah seperti sekarang ini. “Saya sengaja menyimpannya dalam jangka lama agar saya makin mengenal karakternya. Supaya saya bisa menjelaskan secara benar tentang karakteristik Begonia Sultan, kepada pembeli,” papar Aslina.

Elys Monica Br Pasaribu.

Paling Banyak Peminat
Sementara itu Elys Monica Br Pasaribu, warga Desa Batu Layang, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, mengakui kecantikan Begonia Sultan.

“Makin tua, daunnya makin cantik. Pokoknya sangat direkomendasi untuk dimiliki seluruh penggemar Begonia,” kata Elys.

Pemilik Eza Florist ini mengakui, sejak awal tahun 2021 Begonia Sultan paling banyak ditanyakan oleh pelanggannya. “Untuk sementara ini Begonia Sultan selalu menjadi pertanyaan penggemar berat Begonia. Mereka sangat penasaran, berapa harga varian yang satu ini,” jelas Elys.

Untuk ukuran remaja dan dewasa, Begonia Sultan dibanderol dengan harga bervariasi. Yang pasti angkanya lebih dari Rp 300 ribu.

Jika masuk kategori indukan, Begonia Sultan biasanya dipasarkan dengan harga eceran mulai Rp 1 juta.

“Karena harganya paling mahal dibandingkan Begonia varian lain, maka jenis ini disebut banyak orang dengan nama panggilan Begonia Sultan,” ungkapnya. “Dan, prospeknya sangat bagus,” ujar dia.

Sama seperti Elys dan Aslina, maka Moch Taufiq, founder Begonia Club on Youtube, juga sangat memuji keelokan Begonia Sultan.

“Di awal tahun ini saya sudah melihat penampakannya di Instagram. Saya pikir pedagangnya hanya ada di luar negeri. Ternyata Begonia jenis ini sudah lama ada di Indonesia, dan sudah dipasarkan di kalangan terbatas. Pasokan utamanya, ya dari Bu Aslina tersebut,” kata Taufiq yang juga founder channel Harmoni TV on Youtube itu. sulaiman

Artikel ini telah dibaca 225 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Ketua DPD: Pasal 33 Harus Dikoreksi Agar Kembali ke Sistem Ekonomi Pancasila

27 Oktober 2021 - 11:33 WIB

Perkuat Konektivitas Indonesia Timur, Khofifah Resmikan Dermaga MB IV Pelabuhan Ketapang

26 Oktober 2021 - 19:50 WIB

Ketua DPD RI: Kecakapan Literasi Digital Salah Satu Solusi Kebutuhan Pencari Kerja

26 Oktober 2021 - 19:42 WIB

Lantik Pengurus BAZNAS Surabaya, Wali Kota Eri: Ini Jihad Melawan Kemiskinan

26 Oktober 2021 - 07:35 WIB

Tingkatkan Perekonomian Umat, Wagub Emil Apresiasi Program PCNU Situbondo

26 Oktober 2021 - 00:22 WIB

Jauhkan Masyarakat dari Jerat Pinjol, LaNyalla Minta Akses Kredit Perbankan Dipermudah

25 Oktober 2021 - 05:46 WIB

Trending di Kempalanbis