RSF: Kebebasan Pers Turun selama Pandemi

waktu baca 2 menit
Peta kebebasan pers 2021.

PARIS-KEMPALAN: Reporters Without Borders, sebuah organisasi nonpemerintah internasional yang melakukan penelitian mengenai dan mendukung kebebasan pers. mengatakan represi dan serangan terhadap kebebasan pers meningkat di seluruh dunia selama pandemi COVID-19.

Dalam indeks kebebasan pers tahunannya, yang diterbitkan pada hari Selasa (20/4), pengawas global itu juga menyoroti peningkatan represi dan serangan terhadap jurnalis di seluruh dunia selama pandemi COVID-19.

Sementara itu di China, sensor internet, pengawasan dan propaganda ada di “tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya”, menurut Reporters Without Borders (RSF), menjadikannya salah satu negara terburuk di dunia bagi jurnalis.

Melansir dari aljazeera, Indeks tersebut memeriksa situasi kebebasan pers di 180 negara dan wilayah, dan RSF mengatakan datanya menunjukkan bahwa jurnalisme “benar-benar diblokir atau dihalangi secara serius” di hampir tiga perempat negara yang dievaluasi, membuat semakin sulit bagi orang untuk mengakses informasi yang tepat di saat darurat kesehatan.

Selain China, empat negara di peringkat terbawah adalah Djibouti, Turkmenistan, Korea Utara, dan Eritrea.

Norwegia, Finlandia, Swedia, Denmark dan Kosta Rika menempati peringkat tertinggi untuk kebebasan pers.

“Jurnalisme adalah vaksin terbaik melawan disinformasi,” kata Sekretaris Jenderal RSF Christophe Deloire dalam sebuah pernyataan yang menyertai laporan tersebut.

Sementara itu, Negara yang turun paling jauh dalam peringkat RSF adalah Malaysia, yang turun 18 peringkat menjadi 119. Sebagian alasannya adalah pemberlakuan keputusan darurat “anti-berita palsu” oleh pemerintah pada bulan Maret, yang menurut pihak berwenang diperlukan untuk melawan informasi yang salah selama pandemi COVID-19.

Secara keseluruhan, pengawas mengatakan, tingkat kebebasan pers global telah merosot 12 persen sejak peringkat itu dibuat pada 2013. (Aljazeera, Abdul Manaf Farid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *