Bobol Dua Gol dalam Dua Laga, Sinyal Bahaya Portugal

waktu baca 2 menit
Gelandang Kroasia Luka Modric yang berjalan di depan pemain Portugal setelah untuk kali pertama mengalahkan juara Euro 2016 itu. (Foto: Deia)

OEIRAS-KEMPALAN: Persiapan Portugal sebelum berangkat ke Euro 2024 digoyang di Estadio Nacional, Oeiras, Minggu dini hari (9/6). Menghadapi finalis Piala Dunia 2022 di laga uji coba, Portugal malah tumbang 1-2.

Hanya gol Diogo Jota yang dicetak penggawa Roberto Martinez tersebut. Sementara itu, Kroasia mampu melesakkan dua gol masing-masing dari penalti Luka Modric saat menit kedelapan yang digandakan Ante Budimir pada menit ke-56.

Bukan kekalahan pertama di kandang sendiri pada tahun ini yang jadi persoalan. Tetapi performa pertahanan tim berjuluk A Selecao tersebut dalam dua laga uji coba menjelang Euro 2024 ini.

Pasalnya, Bruno Fernandes dkk sudah kebobolan dua gol dalam dua laga uji coba. Yaitu dua gol saat memenangi uji coba menghadapi Finlandia di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, 5 Juni lalu. Portugal ketika itu menang 4-2.

Dilansir dari laman Maisfutebol, treinador Portugal Roberto Martinez tidak menganggap kebobolan empat gol dalam empat laga sebagai alarm bahaya baginya sebelum bertolak ke Jerman pekan depan.

BACA JUGA: Tanpa CR7, Portugal Cetak Rekor Kemenangan Terbesar

’’Kami sedang dalam masa persiapan, fokusnya bukan pada menjaga agar gawang tetap tidak kebobolan. Kami ingin mencetak banyak gol dan menjaga gawang tetap cleansheet juga,’’ tutur Martinez.

Mantan pelatih timnas Belgia itu masih melihat ada hal positif yang dapat dipetik dalam kekalahan atas Vatreni (julukan timnas Kroasia) itu. Terlebih setelah menyaksikan aksi-aksi kipernya Diogo Costa. Dalam laga itu, beberapa kali Costa mementahkan peluang Modric dkk.

Martinez menyebut, kekalahan dalam laga uji coba tidak bisa jadi patokan performanya di Euro 2024 nanti akan melempem. ’’Kami juga tidak juara (jika mengalahkan Kroasia), dan kami juga tidak kehilangan peluang kami (karena dikalahkan Kroasia),’’ tuturnya.

Apesnya bagi Portugal, ini kekalahan pertamanya atas Kroasia dalam tujuh pertemuan di semua ajang. Suksesnya menebus rekor buruknya atas Portugal itu yang memotivasi Kroasia untuk mencatatkan hasil manis dalam Euro 2024 nanti.

’’Setidaknya sudah mampu membuktikan bahwa kami bisa mengalahkan tim mana pun di Eropa,’’ koar nahkoda Kroasia Zlatko Dalic, dikutip dari laman A Bola. (YMP)

BACA JUGA: Italia Segrup dengan Spanyol dan Kroasia, Begini Kata Pelatihnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *