Italia Segrup dengan Spanyol dan Kroasia, Begini Kata Pelatihnya

waktu baca 2 menit
Trofi Euro 2024. (Foto: UEFA)

HAMBURG-KEMPALAN: Upaya timnas Italia mempertahankan statusnya sebagai juara Euro saat bertanding di Euro 2024 mendatang tidak mudah. Sebab Italia ditempatkan di grup yang berat.

Pada pengundian fase grup Euro 2024 di Elbphilharmonie, Hamburg, Minggu (3/12), Gli Azzurri, julukan timnas Italia, ditempatkan di Grup B bersama dua negara favorit jawara sekaligus.

Kroasia dan Spanyol sebagai dua negara favorit yang berpeluang mengusik jalan Italia dalam fase grup. Sementara itu, Albania yang bakal jadi tim kuda hitam di antara ketiga negara super power sepakbolanya di Eropa itu.

Dibandingkan dengan Italia, performa ketiga negara pesaingnya lebih bagus pada babak kualifikasi. La Furia Roja, julukan timnas Spanyol, dan Albania lolos dengan status juara grup.

BACA JUGA: Lolos ke Euro 2024, Begini Kata-Kata Pelatih Italia

Sementara itu, Kroasia meskipun tidak lolos sebagai juara grup, negara yang berjuluk Vatreni tersebut mempunyai persentase kemenangan lebih besar ketimbang Italia. Dari delapan laga, Luka Modric dkk memenangi lima laga di antaranya.

Sedangkan, Italia hanya menang empat kali! Meskipun begitu, allenatore Italia Luciano Spalletti tetap konfiden dengan potensi anak asuhnya untuk keluar dari tekanan grup B sebagai grup maut.

’’Memiliki tim yang kompak adalah kebutuhan dasar kami. Menurutku kami mempunyai ruang untuk bisa berkembang, kami juga perlu melihat bagaimana kami akan mencapai Euro,’’ tutur Spalletti seperti dilansir dari laman La Gazzetta dello Sport.

Mantan pelatih yang membawa SSC Napolii memenangi Liga Italia musim lalu itu sudah memikirkan perubahannya sebelum terbang ke Jerman tahun depan. Dia menyamakan Italia dengan Napoli asuhannya tahun lalu.

’’Seharusnya pun kami bisa lebih baik. Aku ingin menjadikan Italia kompak seperti saat aku menukangi klub (Napoli),’’ sambung pelatih yang baru menukangi Italia saat musim panas 2023 kemarin itu.

Di sisi lain, entrenador timnas Spanyol Luis de la Fuente tidak meremehkan Italia meski jalan negara tersebut ke Euro terseok-seok. ’’Perlu kalian ketahui, tidak ada negara satu pun di Euro ini yang mau ditempatkan segrup dengan Italia. Mereka tetaplah tim yang hebat,’’ puji De la Fuente, dikutip dari laman Diario AS. (YMP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *