Comeback dari Pensiun, Ini Kata Kroos

waktu baca 2 menit
Gelandang timnas Jerman Toni Kroos. (Foto: Managing Madrid)

LYON-KEMPALAN: Satu per satu pemain-pemain senior timnas Jerman kembali main di ajang internasional lagi. Mulai dari Mats Hummels, Thomas Muller, Manuel Neuer, serta Toni Kroos. Keempatnya bagian dari skuad Jerman yang memenangi Piala Dunia 2014.

Kroos bahkan kembali dari masa pensiun tiga tahun lalu. Dia kembali bermain bagi Die Mannschaft (julukan timnas Jerman) saat bermain dalam laga uji coba menghadapi tuan rumah Prancis di Parc des Olympique Lyonnais, Lyon, Minggu dini hari (24/3).

Eismann (julukan Kroos) bahkan langsung mencatatkan kontribusi ketika laga berjalan belum semenit. Gelandang Real Madrid tersebut mengirimkan umpan yang berbuah gol cepat dari Florian Wirtz. Satu gol lainnya dicetak Kai Havertz pada menit ke-49.

Berbicara kepada Sports Bild, Kroos senang bisa menandainya dengan kemenangan 2-0 di tanah Prancis. Meski hanya laga uji coba, kemenangan atas Prancis dipercaya menjadi penambah konfidensi Jerman.

BACA JUGA: Grup Mudah untuk Jerman dan Tiga Singa di Euro 2024

’’Kami sudah mengambil langkah maju yang baik dan penting. Ini akan jadi kesempatan terakhir sebelum kami turun dalam ajang Euro untuk mendapatkan feeling yang bagus,’’ tutur Kroos.

Berbicara kepada kantor berita ZDF, Kroos menyebut der trainer Julian Nagelsmann-lah sosok penting di balik performanya malam itu. Begitu pula keberhasilannya menyuplai bola kepada Wirtz. ’’Dia (Nagelsmann) sudah merencanakannya dengan matang,’’ sebut Kroos.

Nagelsmann sampai terpukau menyaksikan aksi gelandang yang sebaya dengannya dari sisi usia itu. Dikutip dari laman Bavarian Football Works, Nagelsmann memuji perannya di lapangan tengah Jerman.

’’Jujur, ini sulit dipercaya. Dengan penguasaan bola, semua tahu bahwa dia pemain yang luar biasa. Dia juga terlibat dalam duel. Area yang sebelumnya sering dikritik, sudah jadi areanya malam ini,’’ tutur Nagelsmann dalam pujiannya.

Selain itu, Kroos sudah langsung nyetel dengan permainan skuadnya padahal dia sudah tiga tahun tidak membela timnas Jerman. ’’Yang aku tahu, seperti itulah sejatinya orang-orang yang hebat,’’ sambung Nagelsmann.

Sebagai rekan seklubnya di Real, gelandang Prancis Aurelien Tchoameni tentunya telah memahami siapa Kroos. Dia pun tahu filosofi seniornya di skuad Real itu. ’’Aku tahu, dia (Kroos) selalu berprinsip hanya akan mau pensiun andai sudah mencapai titik terbaik,’’ klaim Tchouameni kepada The Bridge. (YMP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *