BK PON XXI Cabor Sepakbola Dibuka Pj.Gubernur Adhy, Jatim Libas Sultra 6-0

waktu baca 3 menit

SURABAYA-KEMPALAN: Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono membuka Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI cabang olahraga sepakbola di Lapangan Thor, Surabaya, Minggu (3/3).

Jawa Timur dipilih menjadi tuan rumah BK PON kali ini. Jatim tergabung dalam Grup A bersama Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Maluku Utara. Dari empat tim nantinya hanya satu tim untuk tampil di PON XXI Aceh-Sumatera Utara pada September 2024 mendatang.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono berpesan agar seluruh tim dari berbagai provinsi yang bertanding dalam BK PON XXI cabor sepakbola ini lebih mengutamakan sportivitas.

“Saya berpesan dalam suatu pertandingan menang kalah adalah sesuatu yang sudah biasa. Namun, sportivitas, daya juang, dan kerja keras pada diri atlet itulah yang luar biasa,” ujarnya.

Pj. Gubernur Adhy Karyono diapit Ketua Asprov PSSI Jatim Achmad Riyadh (kiri) dan Ketua KONI Jatim Muhaad Nabil (kanan).

Adhy juga mengajak semua atlet yang terlibat untuk menunjukkan kualitasnya dalam berkompetisi. Tak lupa, ia turut mengapresiasi PSSI dan KONI Jatim yang telah mempersiapkan BK PON cabor sepakbola yang digelar pada 3, 5, dan 7 Maret 2024.

“Atas nama Pemprov Jatim kami mengucapkan selamat datang dan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak PSSI dan KONI Jatim yang telah memberikan kesempatan kepada para atlet, khususnya atlet Jatim yang kut berkompetisi dalam ajang PON di Aceh-Sumut 2024 mendatang,” katanya.

Selain itu, Adhy menyampaikan keikutsertaan setiap provinsi dalam ajang BK PON untuk menuju PON 2024 sangat penting. Sebab, PON merupakan ajang multievent nasional bergengsi. Yang mana, seluruh provinsi akan tampil sebaik mungkin dan bersaing menjadi yang terbaik.

“Selain itu, turut mengangkat prestasi sepakbola Indonesia yang saat ini berkembang menuju event internasional sehingga menjadi pelecut semangat bagi pemain dan pelatih untuk bisa melenggang ke jenjang yang lebih baik lagi ke depannya,” harap Adhy.

Sementara itu, Ketua KONI Jatim Muhammad Nabil mengatakan, Pemprov Jatim melalui arahan Pj. Gubernur Jatim meminta OPD terkait melakukan  pendampingan pada masing-masing cabor sesuai kebutuhannya. Hal ini penting untuk mematangkan persiapan pada PON XXI di Aceh – Sumut mendatang. “Memonitoring kebutuhan-kebutuhan apa yang dibutuhkan,” tambahnya.

Sebelumnya, pada pertandingan pertama diawali antara Maluku melawan Maluku Utara. Kedua tim harus puas dengan hasil imbang, 1-1. Sementara Jatim yang turun di laga kedua  mampu melibas  lawannya Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan skor telak 6-0.

Dengan hasil tersebut, Jatim untuk sementara ini memuncaki klasemen Grup A dengan mengoleksi poin 3. Sementara dua tim lain, Maluku dan Maluku Utara membuntuti dengan poin 1. Sedangkan Sulawesi Tenggara berada di pososi  ke-4 atau juru kunci dengan poin 0. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *