Lawan Fluminense, Guardiola Ingat Soal Ini

waktu baca 2 menit
Pelatih Man City Pep Guardiola. (Foto: X)

JEDDAH-KEMPALAN: Pep Guardiola di ambang trofi kelima pada 2023 pada ajang Piala Dunia Antarklub. Dalam final yang berlangsung di King Abdullah Sport City, Jeddah, City akan berhadapan dengan juara Amerika Latin, Fluminense FC.

Menghadapi Fluminense, Pep bukan teringat tentang Marcelo, fullback kanan Flu yang di sebagian besar kariernya dihabiskan di Liga Spanyol. Termasuk pada era Pep melatih FC Barcelona dan Marcelo di Real Madrid.  

Melainkan teringat dengan bapaknya Valenti Guardiola. Bukan lantaran ayahnya pernah bermain untuk Flu, sebutan Fluminense. Melainkan karena ayahnya merupakan pecinta sepak bola indah ala Brasil.

BACA JUGA: Haaland-Pep yang Terbaik di Eropa

Sepak bola indah itu yang diklaim Pep sekarang terlihat dalam skuad asuhan Fernando Diniz. ’’Saat aku masih kecil, sebelum aku remaja, aku mendengar ayahku dan temannya membicarakan tentang cara sepak bola Brasil sukses bersama generasi sebelumnya. Itu yang aku lihat selama bertahun-tahun,’’ ucap Pep.

Sang Filsuf (julukan Pep) menganggap permainan Flu lebih mirip dengan gaya bermain timnas Brasil pada era 1970, 1980, awal 1990-an, sampai dengan 1994 saat mereka bisa menjuarai Piala Dunia di AS.

’’Aku menyukainya. Aku senang dengan cara mereka membangun serangan. Aku senang dengan cara mereka bersatu antara satu dengan yang lain, caranya memperhatikan dari sisi waktu saat memainkan bola,’’ tutur pelatih berkebangsaan Spanyol itu.

’’Aku sangat memahami tentang tim yang akan kami hadapi dan aku menaruh hormat di dalam laga ini kepada persepakbolaan Brasil,’’ sambung pelatih yang pernang menang di Piala Dunia Antarklub bersama Barca, Bayern Munchen, dan sekarang bersama skuad Die Roten (julukan Bayern). (YMP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *