850 Personil Amankan Nataru di Sidoarjo

waktu baca 2 menit
Kapolresta Sidoarjo AKBP Christian Tobing mengecek personil pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

SIDOARJO-KEMPALAN: Polresta Sidoarjo akan menerjunkan sebanyak 850 personil untuk mengamankan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di Kabupaten Sidoarjo.

Seluruh personil akan disebar untuk mengamankan tempat-tempat rawan. Menjaga gereja, tempat keramaian dan tempat wisata.

Untuk mengetahui kesiapan personil tersebut, Polresta Sidoarjo melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan sandi Operasi Lilin Semeru 2023 di Halaman Apel Mapolresta Sidoarjo, Kamis (21/12/2023).

Apel yang diikuti anggota TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, serta stakeholder terkait lainnya ini dipimpin Kapolresta Sidoarjo AKBP Christian Tobing.

“Dilaksanakannya apel gelar pasukan sebagai wujud memastikan kesiapan personel pengamanan maupun sarana prasarana, dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” katanya.

Operasi Lilin Semeru 2023 berlangsung selama 12 hari, dimulai dari tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Pada Nataru tahun ini, Polri dan stakeholder terkait telah melakukan pemetaan masalah terkait kamseltibcar lantas dan kamtibmas yang perlu diwaspadai.
 
Dalam hal kamseltibcar lantas, Polri bersama stakeholder terkait telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang memuat aturan pembatasan operasional angkutan barang, penerapan rekayasa lalu lintas, pengendalian arus lalu lintas penyeberangan laut, dan penundaan perjalanan. SKB ini diharapkan dapat dipahami dan diimplementasikan dengan tepat di lapangan.

“Pengamanan Natal dan Tahun Baru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan aman, nyaman dan lancar. Sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa meskipun rutin dan sudah tradisi tetapi harus direncanakan, semua harus dipersiapkan utamanya berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok,” jelas AKBP Christian Tobing.

Ia juga mengatakan, keberhasilan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 tidak akan berjalan maksimal. Bila tanpa soliditas sinergitas stake holder terkait. Karena itu pihaknya akan bersinergi bersama Pemkab Sidoarjo, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dinas terkait lainnya hingga berbagai elemen masyarakat.

Masyarakat Kabupaten Sidoarjo pun di imbau oleh Kapolresta Sidoarjo AKBP Christian Tobing untuk dapat merayakan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan penuh kedamaian, menguatkan toleransi di tengah keberagaman, tidak terlalu bereuforia serta di isi dengan kegiatan-kegiatan positif. (Muhammad Tanreha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *