Cetak Gol Penyelamat Belanda ke Euro 2024, Ini Kata Van Dijk

waktu baca 2 menit
Selebrasi kapten Belanda Virgil van Dijk usai cetak gol penalti ke gawang Yunani. (Foto: RTE)

ATHENA-KEMPALAN: Peluang timnas Belanda untuk melangkah ke Euro 2024 kembali terbuka. Itu setelah Belanda sukses mengalahkan tuan rumah Yunani 1-0 di Agia Sophia Stadium, Athena, Selasa dini hari (17/10).

Kapten Virgil van Dijk yang jadi satu-satunya pencetak gol bagi Oranje (julukan timnas Belanda) malam itu. Van Dijk melakukannya dari tembakan titik putih saat menit ketiga babak injury time.

Belanda seharusnya sudah unggul satu bola saat menit ke-28 andaikan upaya dari Wout Weghorst mencetak gol dari titik putih tidak gagal.

Gol penalti Van Dijk itu juga yang memicu sedikit kericuhan pada ujung laga. Kericuhan itu yang akhirnya memancing protes keras dari pelatih Yunani Gustavo Poyet. Akhirnya, Poyet pun harus dikartu merah gara-gara protesnya tersebut saat menit keempat injury time.

Dikutip dari laman NU, Van Dijk mengaku lega bisa membuka pintu Belanda untuk lolos ke Jerman 2024. Dengan kemenangan ini, perolehan poin Belanda dan Yunani pun sama persis, 12 poin. Bedanya, Belanda unggul head to head dengan Yunani.

’’Akhirnya malam ini menjadi malam yang indah bagi kami. Kami merasa sangat puas di malam ini. Kami merasakan tekanan yang sangat besar dalam laga ini. Apalagi usai kami dikalahkan Prancis,’’ ucap Van Dijk.

Beban pula bagi Van Dijk yang terakhir gagal menjalankan tugasnya sebagai penembak penalti ketika berhadapan dengan Argentina dalam perempat final di Piala Dunia 2022 lalu.

’’Tetapi aku sama sekali tidak memikirkannya. Aku sudah berlatih mengeksekusi penalti saat ini. Ketika aku yang harus mengambil tanggung jawab ini, aku pun gembira kami di laga ini bisa menuntaskannya,’’ sambung bek tengah Liverpool FC tersebut.

Van Dijk yang jadi algojo penalti karena tiga algojo penalti Belanda lainnya tidak berada di lapangan malam itu. Antara lain Memphis Depay yang absen, lalu Weghorst dan Xavi Simons yang sudah ditarik keluar.

Karena itulah tacticus Belanda Ronald Koeman pun mengambil pelajaran penting dalam kemenangan ini. ’’Sepertinya kami membutuhkan lebih banyak lagi opsi algojo penalti di tim ini,’’ harap Koeman. (YMP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *