Dibela Mantan Agen Yaya Toure

waktu baca 2 menit

MANCHESTER-KEMPALAN: Dugaan adanya kontrak pelatih dan pemain yang tidak transparan antara rentang waktu 2009—2010 sampai 2017—2018 jadi salah satu poin pelanggaran jawara Liga Primer Inggris musim lalu.

Data pembelian Yaya Toure yang dibeli pada musim panas 2010 silam pun bisa termasuk dalam poin pelanggaran tersebut.Yaya datang ke City dari FC Barcelona sebagai rekrutan berharga termahal dengan harga 30 juta Euro (Rp 486,7 miliar).

BACA JUGA: Berharap Durian Runtuh dari Sanksi City

Selain itu, Yaya pun sempat jadi pemain bergaji termahal di Liga Primer Inggris saat itu. Gaji per pekan Yaya saat itu mencapai 200 ribu Pounds (Rp 3,63 miliar). Kepada The Guardian, mantan agen Yaya Dimitri Seluk menolak dugaan “uang rahasia” di balik transfer fee kliennya saat itu.

’’Tidak ada, sama sekali tak ada. Semuanya bersifat transparan. Tak ada transaksi di belakang,’’ ungkap Seluk. Makanya, Seluk mengaku terkejut ketika kasus ini mencuat setelah bertahun-tahun tidak ada pihak yang mempersoalkan.

Yaya Toure (kanan) dan mantan agennya Dimitri Seluk. (Foto: The Sun)

Bahkan Premier League selaku pihak pengelola Liga Primer Inggris. ’’Saya tertarik menantikan apa yang sebenarnya terjadi saat ini. Yaya, tentunya, telah membayarkan semuanya, pajak dan semuanya. Semuanya transparan,’’ sambungnya.

Seluk pun siap andai dikonfrontir oleh Komisi Independen yang dibentuk oleh Premier League untuk menginvestigasi dugaan pelanggaran laporan keuangan City tersebut. ’’Tentu saja saya akan mengatakan yang sama, yang sebenarnya,’’ tegas Seluk.

Musisi Inggris dari grup musik Oasis yang juga dikenal sebagai pendukung City Liam Gallagher pun mengklaim seharusnya investigasi digelar secara menyeluruh kepada kesemua kontestan Liga Primer Inggris. Tidak hanya ke The Cityzens (julukan City).

BACA JUGA: Diduga Melanggar Aturan Finansial, City Terancam Sanksi Berat

’’Saya meyakini masih ada klub Liga Primer Inggris lainnya yang lebih bermasalah. Bukan City,’’ klaim Gallagher. Dari pernyataannya, Gallagher sepertinya mengarah ke Chelsea yang musim ini melakukan transfer pemain gila-gilaan. (Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *