Pamit ke Jokowi, Anies Menunjukkan Sikap Kenegarawanan

waktu baca 3 menit

KEMPALAN: Datang tampak muka pulang tampak punggung adalah sikap etik yang menjadi ciri seseorang mempunyai integritas. Ada sikap yang bisa dipelajari disana, yaitu sikap bertanggung jawab dan hormat. Tentu saja ini menjadi karakter yang mencerminkan manusia Indonesia yang Pancasilais, tidak sekedar hanya mampu mengatakan Saya Pancasila, Saya Indonesia, tapi perilakunya jauh dari nilai nilai Pancasila.

Sikap etik seseorang kalau ditunjukkan oleh tokoh dan pemimpin maka ini adalah cermin Kenegarawanan. Cermin sikap seperti ini sudah lama hilang dari pentas perpolitikan kita. Saling tikam dan saling menjatuhkan seolah menjadi tradisi perpolitikan tanah air.

Yang paling berbahaya adalah bila ada anggapan sudah menjadi kewajaran untuk mendapatkan kekuasaan boleh dilakukan dengan jalan menikam dan menjatuhkan lawan politik. Sehingga kontestasi demokrasi sebagai cerminan masyarakat modern hanya menjadi aksesoris ditengah sikap politik yang nir etika.

BACA JUGA: Membawa Politik Gagasan, Anies Sang Juru Selamat Demokrasi

Politik terlihat jahat dan kotor, sehingga muncul sebuah terminologi bahwa politik itu kotor. Dampaknya mereka yang bersih, beretika dan berkualitas menjauh dari arena politik.

Machivilian menjadi madzab bagi sebagian besar para politisi, sehingga kehilangan harga diri dan rasa malu. Dampaknya produk keputusan keputusan yang dihasilkan tidak banyak berpihak pada kepentingan mensejahterakan rakyat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *