Membawa Politik Gagasan, Anies Sang Juru Selamat Demokrasi

waktu baca 3 menit
Anies Baswedan (Foto: Twitter @aniesbaswedan)

KEMPALAN: Politik gagasan sejatinya bukan sesuatu yang baru. Politik gagasan adalah politik yang sudah lama dianut oleh para pendiri bangsa. Merujuk pada perdebatan sidang BPUPKI yang menyepakati dasar negara Pancasila.

Konon dalam sidang itu ada perbedaan yang cukup tajam diantara para perwakilan BPUPKI, kelompok Islam menghendaki dasar negara Pancasila dengan merujuk pada piagam Jakarta sedangkan kelompok Nasionalis, Kristen dan Komunis menghendaki dasar negara Pancasila tanpa 7 kata yang ada didalam Piagam Jakarta.

Meski perbedaan ideologi yang cukup tajam, namun mereka mampu membuka ruang menerima satu sama lain untuk kepentingan yang lebih besar, kepentingan negara Republik Indonesia yang merdeka dan berdaulat dan bertujuan untuk mensejahterakan rakyat.

BACA JUGA: Politik Mahar VS Politik Gagasan

Gagasan baik tentang membangun Indonesia kedepan menjadi titik pertemuan diantara berbagai kepentingan yang melatarbelakanginya.

Politik gagasan adalah sikap politik yang meneladani para founding father, sehingga sejatinya politik gagasan adalah gaya politik yang menghidupkan kembali demokrasi agar berjalan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *