Diogo Jota Cetak Gol, Portugal Menang 3-1 dari Turki

waktu baca 2 menit
Para pemain timnas Portugal merayakan gol ke gawang Turki (Instagram tim Portugal)

PORTO-KEMPALAN: Portugal memastikan diri lolos ke babak final Play-off Piala Dunia 2022 usai sukses menekuk Turki dengan skor 3-1.

Pada laga Play-off Piala Dunia zona Eropa yang tersaji di Estádio do Dragão, pada hari Jumat (25/3) dini hari itu, Portugal berhasil meraih kemenangan lewat tiga gol yang dicetak oleh Otavio, Diogo Jota, dan Nunes.

FORMASI

Pelatih Portugal, Fernando Santos menurunkan formasi 4-1-3-2 di laga ini, dengan menduetkan bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo dan Striker Liverpool Diogo Jota.

Sementara tim tamu, Turki menurunkan formasi 3-4-2-1, dengan mengandalkan Burak Yılmaz sebagai ujung tombak di lini depan.

JALANNYA LAGA

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Portugal langsung tancap gas sejak menit awal babak pertama.

Peluang pertama Portugal datang di menit ke-10. Menerima umpan terukur dari Bruno Fernandes, Diogo Jota melepaskan tembakan yang sayangnya masih melambung tinggi ke atas gawang Turki.

Terus menekan, anak asuh Fernando Santos akhirnya berhasil menjebol gawang Turki. Gol pertama Portugal dicetak oleh Otavio di menit ke-15.

Tak tinggal diam, Turki pun balas mengancam. Anak asuh Stefan Kuntz hampir saja menyamakan kedudukan di menit ke-23 jika saja tandukan Berikan Kutlu tak melenceng tipis dari gawang.

Terus menyerang, Portugal akhirnya berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-42. Gol tersebut dicetak oleh Diogo Jota lewat sundulannya yang meneruskan umpan Otavio.

Tak ada tambahan gol lagi hingga 45 menit pertama usai, skor 2-0 untuk keunggulan Portugal menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Turki akhirnya bisa menipiskan ketinggalan di menit ke-65. Bermula dari skema serangan cepat, kombinasi Cengiz Under dan Burak Yilmaz berhasil membongkar lini pertahanan Portugal.

Yilmaz yang bisa lolos dari pengawalan mampu menyontek bola umpan dari Under masuk ke gawang Portugal. Gol, selisih skor menipis menjadi 2-1.

Turki mendapat kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan. Wasit memberi mereka hadiah penalti di menit ke-82 karena pelanggaran Jose Fonte ke Enes Unal.

Yilmaz yang maju sebagai eksekutor membuang peluang emas Turki. Sepakan striker Lille itu malah melebar dari gawang.

Portugal akhirnya bisa mengunci kemenangan lewat gol Matheus Nunes di menit ke-90+4, Nunes berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai sukses mengkonversikan umpan terobosan Rafael Leao menjadi gol.

Tak ada tambahan gol lagi hingga peluit panjang berbunyi, skor 3-1 untuk kemenangan Portugal menjadi hasil akhir pertandingan.

(Google Sports, Edwin Fatahuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *