Populasi Menurun Drastis, Koala Dinyatakan Terancam Punah

waktu baca 2 menit
Koala-AntaraNews

CANBERRA-KEMPALAN: Australia telah menyatakan bahwa Koala menjadi spesies yang terancam punah dikarenakan populasinya yang semakin rendah karena habitat hewan marsupial tersebut semakin sedikit.

Menteri Lingkungan Australia, Sussan Ley mengatakan bahwa kedepannya akan ada perlindungan khusus kepada hewan yang diklasifikasikan terancam punah di kota New South Wales, Queensland dan daerah Ibukota Australia.

“Akibat dari banyaknya bencana alam yang terjadi, seperti misalnya banjir bandang, yang kemudian diikuti dengan adanya kebakaran hutan secara masif serta urbanisasi kemudian membuat habitat asli Koala semakin berkurang sejak dua dekade silam” ucap Ley dalam pernyataannya di depan media.

Ley kemudian mengatakan bahwa dengan berubahnya status tersebut, pemerintah Australia akan memulai langkah baru untuk melindungi Koala dengan pendanaan sebesasr 53 Juta USD.

Sejak lama, kelompok konservasi dan pecinta hewan di Australia meminta pertolongan dan dukungan kepada Koala karena populasinya yang semakin menurun secara rendah di Australia.

WWF Australia, Internationak Fund for Animal Welfare (IFAW). Dam Humane Society International telah memberikan proposal kepada pemerintah Australia pada bulan April tahun 2020 dengan data bahwa populasi Koala menurun sekitar 50% di Queensland sejak tahun 2001, dan sebesar 62% di New South Wales.

“Status Koala yang berubah menjadi terancam punah membuktikan bahwa mereka dan habitatnya harus diberikan proteksi lebih dibawah adanya hukum Australia. Tidak hanya untuk melindungi hewan ikonik tersebut, namun juga kepada semua hewan yang ada di Australia” ucap WWF Australia, dalam cuitannya di Twitter.

“Hal ini harus menjadi sebuah seruan kepada Australia dan pemerintahannya untuk bergerak secara cepat untuk melindungi habitat semua hewan yang ada dan juga untuk menanggulangi perubahan iklim” isi cuitan tambahan dari WWF Australia.

(Muhamad Nurilham, Aljazeera)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *