Australia Gabung AS untuk Boikot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

waktu baca 2 menit
Scott Morrison-CNN

CANBERRA-KEMPALAN: Australia, mengikuti tindakan AS untuk memboikot Olimpiade Musim Dingin di Beijing yang akan dilaksanakan pada bulan Februari mendatang. Pihak Australia tidak akan mengirimkan satu atlet pun dalam kegiatan olimpiade tersebut.

Keputusan yang dilakukan oleh Australia datang setelah adanya ketidaksamaan dan ketidaksetujuan dengan Tiongkok sejak permasalahan Tiannanmen pada tahun 1989.

Relasi antara kedua negara tersebut mulai berada dalam krisis hingga sekarang sejak adanya krisis Tiannanmen tersebut.

Perdana Menteri Australia yaitu Scott Morrison mengatakan bahwa terjadi kekerasan HAM di Xinjiang dan Tiongkok juga dikatakan membekukan kontak semua menteri Australia.

“Australia tidak akan melangkah kembali dari posisi kuat kami dengan kepentingan yang jelas. Kemudian juga sudah sangat terlihat secara jelas dan tanpa kejutan bahwa kami tidak akan mengirimkan satu atlet pun dalam olimpiade tersebut.

Keputusan tersebut datang sehari setelah sebelumnya AS melakukan boikot diplomatik dan tidak akan mengirimkan atletnya juga.

Pihak Tiongkok menanggapi tindakan AS dengan menyebut bahwa Tiongkok akan membalas tindakan tersebut.

Sejauh ini, belum ada respons resmi dari pihak Tiongkok mengenai keputusan Australia tersebut.

Juru Bicara Kedutaan Tiongkok di Canberra mengatakan bahwa tindakan tersebut berkebalikan dengan adanya ekspektasi untuk meningkatkan relasi Australia-Tiongkok.

Terlepas dari hal tersebut, kelompok dan organisasi HAM yang ada di Australia menyetujui serta mendukung keputusan Australia tersebut.

Direktur Human Rights Watch kawasan Australia mengatakan bahwa tindakan tersebut menjadi krusial untuk memberikan ancaman kepada kriminalitas yang dilakukan oleh pemerintah Tiongkok yang menargetkan kaum muslim Uyghur.

(France24, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *