Menu

Mode Gelap

kempalanews · 25 Nov 2021 20:36 WIB ·

Panen Sayur Hidroponik di Kampung Juara Proklim KLHK


					Panen sayur hidroponik di KWT Dorang Cinta, Kamis (25/11). Perbesar

Panen sayur hidroponik di KWT Dorang Cinta, Kamis (25/11).

SURABAYA-KEMPALAN: Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mendorong warganya untuk peduli terhadap lingkungan. Akhirnya, terbentuklah beberapa Kelompok Wanita Tani (KWT) yang menggagas pekarangan pangan lestasi. Salah satu KWT itu bernama “Dorang Cinta” yang ada di RT 10 RW 03 Jalan Ikan Dorang Baru 1, Kelurahan Perak Barat, Kecamatan Krembangan, Surabaya.

Setelah dikembangkan beberapa bulan, akhirnya kampung ini berhasil meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Selain kampung ini, ada sembilan kampung lainnya yang juga mendapatkan penghargaan Proklim dari KLHK.

“Alhamdulillah hari ini saya bisa berkunjung kembali ke sini sekaligus panen sayur hidroponik, karena memang di sini banyak budidaya sayur dengan hidroponik,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Suharto Wardoyo saat panen sayur hidroponik di KWT Dorang Cinta itu, Kamis (25/11).

Anang, sapaan akrab Suharto Wardoyo, bersyukur karena 10 kampung di Surabaya berhasil mendapatkan penghargaan Proklim. Dan KWT Dorang Cinta itu berhasil mendapatkan penghargaan Proklim Utama.

“Tentunya tempat ini bisa dijadikan percontohan bagi RW-RW lainnya di Kota Surabaya. Saat ini sudah banyak yang juga studi banding ke Surabaya, ke RW-RW yang mendapatkan penghargaan Proklim ini,” kata dia.

Anang juga memastikan bahwa pekarangan pangan lestasi semacam ini merupakan sinergi antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemkot Surabaya, dan partisipasi aktif dari masyarakat dalam mengembangkan ekosistem lingkungan sekitarnya. “Tentunya kami di pemkot akan terus mendorong terciptanya kampung-kampung semacam ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pangan DKPP Kota Surabaya Evi Darmayanti menjelaskan bahwa di Kota Surabaya ada lima Kelompok Wanita Tani dan satu Kelompok Tani yang dibina langsung oleh DKPP Kota Surabaya. Salah satu KWT itu adalah Dorang Cinta yang secara intensif didampingi oleh DKPP Surabaya.

“Nah, di Dorang Cinta ini…”

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

ITS Automotive Team Pamerkan Empat Mobil di GIIAS 2021

9 Desember 2021 - 17:17 WIB

Bupati Gresik Lantik 9 Pejabat Eselon II, Ini Pesannya

9 Desember 2021 - 16:45 WIB

Dosen Prodi Teknik Informatika Ubaya Masuk Top 500 Authors SINTA

9 Desember 2021 - 16:33 WIB

Gubernur Khofifah Minta Dudika Fasilitasi Magang ABK dan Serap Lulusan SLB

9 Desember 2021 - 16:21 WIB

Wagub Emil Pastikan Ketersediaan Logistik dan Posko Pengungsi Terpenuhi

9 Desember 2021 - 12:46 WIB

KEI-ANTARA Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Sumenep

9 Desember 2021 - 10:14 WIB

Gelar Uji Kompetisi Wartawan
Trending di kempalanews