Menu

Mode Gelap

kempalanggun · 25 Nov 2021 14:53 WIB ·

Antologi Esai Masayu Indriaty Susanto, Wartawan Tersesat, dan Pers Kampus


					Antologi Esai Masayu Indriaty Susanto, Wartawan Tersesat, dan Pers Kampus Perbesar

Masayu Indriaty Susanto

KEMPALAN: Jurnalistik adalah profesi yang terbuka terhadap banyak bidang ilmu. Banyak jurnalis yang latar belakangnya bukan dari bidang ilmu jurnalistik. Namun fenomena itulah yang membuat dunia pers menjadi dunia yang begitu menantang, dinamis, dan kreatif.

“Satu hal yang penting, yaitu jurnalis harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Terutama para jurnalis perempuan,” ujar Masayu Indriaty Susanto pada acara Bincang Buku dan Diskusi Publik bertema “Jurnalis Perempuan dalam Pusaran Media Massa”, di Café Baca Canarisla, Pabelan, Sukoharjo Jawa Tengah, Selasa (23/11).

Perkembangan sistem informasi yang begitu cepat membuat profesi jurnalis menjadi makin kompetitif. Jurnalis era kini bukan hanya harus mampu menulis berbagai artikel dan berita dengan cepat dan menarik, tapi juga harus menguasai teknologi. Juga memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni.

Foto acara.

“Jurnalis masa kini bukan hanya dituntut harus mampu menghasilkan tulisan yang menarik. Namun juga harus mampu berkomunikasi dengan baik. Jurnalis sekarang bukan cuma ditugaskan menulis berita, tapi juga harus mampu reportase langsung di lapangan melalui live instagram, youtube, atau berbagai platform lainnya,” tambahnya.

Karena itulah, terutama jurnalis perempuan, etika dan performance adalah hal yang penting. Bahkan merupakan bagian dari upaya perlindungan terhadap diri sendiri dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Dan seorang jurnalis harus mau membaca dan belajar. Karena seorang jurnalis profesional harus mampu ditugaskan di bidang apapun.

”Meski ada wartawan spesialis pada bidang tertentu dalam beberapa manajemen redaksi, namun pada dasarnya seorang jurnalis harus bisa menulis topik apa saja. Dan selalu update dengan perkembangan di masyarakat,” ujarnya.

Artikel ini telah dibaca 224 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Diusulkan Ikut dalam Pilpres 2024, Ridwan Kamil: Saya Bismillah

4 Desember 2021 - 17:54 WIB

Dinilai Memiliki Komitmen Kuat pada Dunia Pendidikan, Gubernur Khofifah Terima Anugerah Dwija Praja Nugraha dari PGRI Pusat

4 Desember 2021 - 14:57 WIB

Bidan Hadariah; 7 Tahun Mengabdi dengan Status Honorer di Pulau Kecil Sumenep

4 Desember 2021 - 14:55 WIB

Bidan Hadariah

LaNyalla : Desa Harus Bangkit Dengan Stimulus Dana Desa

4 Desember 2021 - 05:33 WIB

Surabaya-Liverpool Kerjasama Edukasi Penanganan Gempa di Sekolah

3 Desember 2021 - 05:59 WIB

Lantik 364 CPNS, Ini Pesan Gus Yani Kepada Para ASN di Lingkungan Pemkab Gresik

3 Desember 2021 - 05:35 WIB

Trending di kempalanggun