Menu

Mode Gelap

Kempalanbis · 16 Nov 2021 19:48 WIB ·

Akibat Produk Terbarunya, Adidas Singapura Panen Amarah dari Netizen Indonesia


					Sepatu Adidas hasil kerja sama dengan seniman Malaysia, Jaemy Choong. Perbesar

Sepatu Adidas hasil kerja sama dengan seniman Malaysia, Jaemy Choong.

SINGAPURA-KEMPALAN: Netizen Indonesia dibuat murka oleh Adidas Singapura, hal ini disebabkan oleh sebuah postingan Instagram Adidas Singapura @adidassg pada Rabu (10/11/2021) yang mengatakan kalau kesenian wayang kulit berasal dari negeri jiran, Malaysia.

Sebelumnya, Adidas melakukan kolaborasi dengan seniman asal Malaysia, Jaemy Choong yang menghasilkan sebuah sepatu. Di sepatu Adidas model UltraBOOST warna putih tersebut, ada gambar wayang kulit di bagian sampingnya.

“Merayakan warisan budaya Malaysia lewat mata @JAEMYC dalam #UltraBOOST DNA City Pack berikutnya. Desainnya berbicara tentang penghormatan kepada Wayang Kulit, bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan “lama-bertemu-baru” pada DNA UltraBOOST,” tulis Adidas.

Megetahui hal ini, netizen tanah air langsung gerak cepat menyerbu kolom komentar dari postingan Instagram Adidas Singapura. Netizen tanah air menyatakan kalau kesenian wayang kulit merupakan kebudayaan asli Indonesia, bukan Malaysia. Sebagai informasi, pada 7 November 2003 UNESCO menetapkan wayang kulit sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

Sadar atas kekeliruan yang dibuat, Adidas Singapura langsung meminta maaf dan mengganti caption Instagramnya dengan informasi kalau Wayang kulit berasal dari Indonesia. Adidas Singapura beserta Jaemy Choong tidak bermaksud mengklaim Wayang kulit berasal dari Malaysia.

“Kami dengan tulus meminta maaf atas pelanggan yang tidak disengaja yang kami telah lakukan. Sekarang kami telah mengubah postingan kami. Baik merek atau artis tidak bermaksud untuk mengklaim bentuk seni budaya dari Indonesia. Kami berterima kasih atas dukungan Anda terhadap merek ini dan kreator yang berkolaborasi bersama kami,” tulis Adidas di Instagram Stories. (Telset, Ihsan Arief)

Editor: Reza Maulana Hikam

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wamendag RI: Harga Bahan Pokok Nataru hingga Awal Tahun 2022 Aman

8 Desember 2021 - 05:46 WIB

Sah! PPKM Level 3 Batal Demi KIAN

8 Desember 2021 - 05:35 WIB

Wali Kota Eri Terima Gelar Kehormatan dari Sulut

7 Desember 2021 - 15:51 WIB

Kepuasan (Psikologis, Ekonomis) vs PPKM

7 Desember 2021 - 08:35 WIB

40 Tahun Tak Tergarap, Lahan PT PKHI di Bangkalan Minta Dikembalikan ke Negara

6 Desember 2021 - 22:17 WIB

Tingkatkan Perekonomian Lokal, Ketua DPD RI Dukung Revitalisasi Cagar Budaya

6 Desember 2021 - 14:42 WIB

Trending di Kempalanbis